Apa saja yang Perlu kamu Siapkan saat New Normal?

Teman Sehat, New Normal atau tatanan kehidupan baru setelah pandemi Covid-19 sudah terjadi di banyak negara. Indonesia juga sedang mempersiapkan hal ini dalam waktu dekat. Kira-kira apakah kamu siap untuk menghadapinya? Lalu, apa saja ya, barang-barang yang perlu kamu siapkan? Let’s check it out!

Masker

Teman Sehat, masker kain bisa digunakan untuk melindungi kamu dari penyebaran Covid-19. Kamu ngga perlu menggunakan masker medis maupun masker N95, sebab jenis masker ini diprioritaskan untuk petugas medis yang merawat pasien Covid-19. Hal yang perlu kamu tahui dalam penggunaan masker kain yaitu, cucilah tangan dengan sabun sebelum memasang masker dan setelah menggunakannyar.

Selain itu,  jangan pegang masker saat digunakan, agar terhindar dari kemungkinan paparan bakteri atau virus. Penggunaan masker kain sebaiknya tidak lebih dari 4 jam atau kurang dari itu apabila masker telah basah atau kotor. Masker jenis ini, bisa kamu cuci dengan merendamnya menggunakan sabun dan dikeringkan sampai benar-benar kering. Jika masker telah rusak, jangan lupa buang masker ke tempat sampah tertutup.

Hand sanitizer

Saat kamu sulit menemukan tempat mencuci tangan ketika di perjalanan atau tempat tertentu, hand sanitizer menjadi solusi alternatif. Gunakan hand sanitizer komersil atau hand sanitizer home made sesuai dengan panduan WHO.

Tapi, kalau tangan kamu kotor karena benda-benda yang bisa dilihat secara kasat mata seperti debu, minyak, atau yang lainnya, sebaiknya cucilah tangan mu. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih baik, karena penggunaan hand sanitizer saja ngga cukup. Perhatikan juga langkah-langkah yang benar pemakaiannya, ya.

Tisu basah

Penggunaan tisu basah disesuaikan dengan keadaan, terutama bagi kamu yang sedang dalam perjalanan. Untuk menghindari penyebaran Covid-19, tisu basah digunakan untuk membersihkan fasilias umum, seperti tempat duduk dan sandaran tangan atau benda-benda yang ada di tempat penginapan seperti gagang pintu, kunci, dan remote TV. Pilihlah tisu basah yang mengandung zat aktif sebagai desinfektan, karena terbukti lebih mampu menangkal virus daripada tissue basah pada umumnya.   

Face Shield

Face shield lebih mampu melindungi wajah secara keseluruhan daripada masker. Namun, penggunaannya bersifat opsional bagi publik dan hanya diwajibkan bagi petugas medis. Kamu boleh memilih ngga menggunakannya apabila jumlahnya terbatas di pasaran. Kamu bisa membersihkan face shield, dengan mencucinya menggunakan sabun, kemudian menggunakan cairan desinfektan, bilas dengan air bersih, dan keringkan.

Sarung tangan

Sarung tangan hanya diwajibkan bagi pekerja medis dan pekerja di tempat pelayanan umum. Keduanya memiliki kemungkinan lebih besar terpapar Covid-19 daripada masyarakat umum. Sarung tangan juga sebaiknya dipakai seseorang yang sedang merawat orang sakit karena memiliki risiko tertular penyakit. Saat memakainya, jangan pernah sekali-kali menyentuh wajah agar bakteri dan virus yang berada pada sarung tangan ngga tersebar ke wajah.

Nah, itulah beberapa barang yang wajib kamu pakai dan beberapa barang lain yang bersifat opsional untuk dipakai saat New Normal. Jadi, apakah kamu sudah siap menghadainya? Tetap jaga kesehatan ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *