3 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Berhasil Raih Manfaat Kesehatan Puasa

Teman Sehat, puasa Ramadan bukan hanya sebagai wahana ibadah meraih pahala, tetapi juga waktunya kamu buat raih manfaat atau hikmah kesehatan. Manfaat kesehatan puasa ini hanya bisa diraih kalau kamu melaksanakan puasa dengan benar dan baik; benar berdasarkan ajaran agama dan baik berdasarkan pengetahuan gizi dan kesehatan terkini.

Manfaat kesehatan puasa itu banyak sekali Teman Sehat, ada yang bisa diketahui lewat indera dan banyak juga yang ngga bisa dinilai dengan indera manusia. Berikut ini adalah 3 tanda sederhana buat menjawab “apakah kamu telah meraih manfaat kesehatan puasa, atau belum?”. Yuk, simak!

1. Perut mengecil dan badan terasa lebih ringan

Salah satu manfaat kesehatan puasa adalah menurunkan berat badan. Kalau kamu ngga punya timbangan berat badan, gampang kok mengeceknya: apakah badan kamu terasa lebih ringan? Apakah perut kamu mengecil, atau pinggang celana atau pakaian terasa longgar? Studi di Indonesia menemukan bahwa selama puasa Ramadan, terjadi penurunan berat badan 1 sampai 2 kg (Farial syam dkk, 2016 dan Hardinsyah dkk, 2017). Sebagian besar  penurunan lemak tubuh yang terjadi adalah lemak di bagian perut, nah mkanya perut mengecil setelah puasa.

2. Bau badan yang ngga sedap, lenyap!

Puasa yang panjang seperti puasa Ramadan memungkinkan terjadinya proses detoks atau peluruhan racun dari dalam tubuh dan peremajaan sel. Penelitian menunjukkan puasa Ramadan bisa meningkatkan fungsi hati dan mengurangi radikal bebas plus racun tubuh. Bila di akhir puasa Ramadan keringat kamu udah ngga bau, baju yang dipakai seharian di akhir puasa ngga bau, dan mulut kamu juga ngga bau (kecuali kalau sakit gigi), itu pertanda bahwa kamu telah meraih manfaat kesehatan puasa berupa detoks. Manfaat ini ngga akan kamu raih bila kamu kurang minum air putih dan makan buah sayur, serta makan berlebihan atau kekenyangan saat makan malam dan sahur

3. Tubuh berstamina

Tanda yang ketiga adalah kamu merasa lebih berenergi atau berstamina menjelang akhir puasa. Hal ini ngga akan kamu raih bila kamu ngga merasakan tanda pertama dan tanda kedua yang dibahas sebelumnya. Penelitian Anis Chaouachi et al (2012) yang dipublikasi dalam Journal of Sports Sciences menunjukkan kebugaran atlet yang puasa Ramadan ngga mengalami penurunan loh, Teman Sehat!

Nah, apakah  kamu udah meraih manfaat atau hikmah kesehatan puasa tahun ini? Kalau udah, selamat ya! Tapi, kalau belum, semoga tahun depan bisa melaksanakan puasa dengan lebih baik lagi. (agt&don)

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts