Aktivitas Fisik Sederhana yang Cukup Buat Membakar Kalori Tubuhmu

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang mageran tapi bercita-cita buat kurus? Ups, impianmu bisa jadi sekadar khayalan belaka! Aktivitas fisik merupakan salah satu poin penting untuk kesehatan manusia, bukan sekedar buat ngurusin badan ya Teman Sehat, jauh daripada itu, aktivitas fisik merupakan kebutuhan.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang, aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Nah, jika kamu mageran atau pekerjaan membuat tubuhmu sedikit bergerak, maka mulailah mempertimbangkan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik sederhana berikut supaya kesehatanmu tetap optimal!

1. Berjalan kaki

Coba deh kurangi ketergantunganmu pada alat transportasi. Ketimbang naik motor keluar gang atau naik ojek dari stasiun ke kantor, cobalah buat berjalan kaki! Faktanya, berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar 120 kalori (untuk berat badan 57 kg), 150 kalori (untuk berat badan 70 kg), dan 178 kalori (untuk berat badan 84 kg). Nah, kebayang kan kalo kamu melakukan aktivitas fisik ini secara rutin?

2. Berkebun

Aktivitas yang satu ini bisa dilakoni sebagai hobi dan pengisi waktu luang. Selain membuat rumah menjadi lebih indah, berkebun juga membawa dampak baik bagi kesehatan mental maupun fisik. Dengan berkebun, seseorang bisa merasa lebih rileks, sementara itu bisa membakar kalori. Berkebun selama 30-45 menit termasuk aktivitas fisik moderat yang bisa membakar rata-rata 460 kalori pada pria dan 370 kalori pada wanita. Tapi, tergangung berat badan dan faktor lainnya ya!

3. Membersihkan rumah

Yuk, masukkan aktivitas fisik yang satu ini ke dalam to do list weekend mu! Selain membuat rumah menjadi lebih bersih dan nyaman, ternyata kegiatan ini juga bisa bikin kamu lebih sehat. Kegiatan bersih-bersih rumah bisa membakar 300 kalori pada pria dan 240 kalor pada wanita.

4. Naik-turun tangga

Hayo siapa yang lebih milih naik lift atau eskalator ketimbang naik tangga? Perlu Teman Sehat ketahui kalau setiap 1 anak tangga yang Teman Sehat lalui ternyata bisa membakar 10 kalori loh!

  1. Memasak

Tren memesan makanan lewat ojek online udah mengurangi kebiasaan memasak masyarakat terutama mereka yang hidup diperkotaan dengan kesibukan yang tinggi. Padahal, aktivitas yang satu ini berdampak baik buat kesehatan fisik. Faktanya, aktivitas memasak bisa membakar 75 kalori (untuk berat badan 57 kg), 93 kalori (untuk berat badan 70 kg), dan 111 kalori (untuk berat badan 84 kg).

Lima contoh di atas adalah beberapa dari banyak aktivitas fisik sederhana yang bisa Teman Sehat terapkan. Bayangin jika kamu bisa mengkombinasikan 5 aktivitas fisik tersebut setiap minggunya, maka tubuh sehat dan ideal udah ada di genggamanmu! Kamu punya tips anti mager? Yuk, share buat Teman Sehat lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *