Awas! 5 Makanan Ini Tinggi Kolesterol

kolesterol

Kolesterol. Apa nih yang terlintas di benakmu setelah membaca kata itu, Teman Sehat?

Kesehatan merupakan salah satu investasi hidup yang tidak ternilai harganya, setuju?

Hidup sehat merupakan impian bagi semua orang. Makanya, yuk perhatikan asupan zat gizi dari makanan yang akan kamu makan!

Tidak ada satu jenis makanan pun yang memiliki zat gizi sempurna, kecuali ASI. Oleh karena itu, tubuh memerlukan konsumsi dari berbagai jenis makanan untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

Salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh adalah lemak. Terdapat 1 jenis lemak yang jika dikonsumsi berlebih akan membahayakan tubuh kita. Apakah itu?

Yap! Kolesterol. Meskipun termasuk salah satu zat gizi yang penting dan sangat diperlukan oleh tubuh sebagai bahan dasar pembentukan hormon, tapi jika berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Berapa sih batasan normal kolesterol?

Batas normalnya didalam tubuh adalah 160-200 mg. Jika melebihi batas itu, maka dapat dikategorikan sebagai tinggi. Terus kalau tinggi gimana? Wah, itu sih bisa memicu berbagai macam penyakit! Pasti kamu penasaran banget kan, makanan apa aja sih yang harus dibatasi karena kolesterolnya tinggi?

Yuk simak, ini nih 5 jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai!

1. Jeroan

Jeroan merupakan salah satu makanan yang lezat dimakan jika sudah diolah. Ada berbagai macam jenis jeroan, misalnya hati, jantung, ginjal, usus, lidah dan otak. Bagi Teman Sehat yang biasa mengonsumsi jeroan, perlu berhati-hati dan membatasi konsumsinya karena jeroan merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol tubuh yang sangat tinggi akan berbahaya khususnya untung organ jantung dan hati kamu.

2. Kuning Telur Ayam

Telur ayam merupakan salah satu makanan sumber protein. Tapi, kuning telur ayam juga merupakan makanan sumber kolesterol. Konsumsi telur, terutama kuning telur setiap hari sebaiknya dihindari untuk meminimalisir resiko kesehatan yang timbul di kemudian hari.

3. Telur Burung Puyuh

Selain kuning telur ayam, telur burung puyuh juga merupakan makanan sumber kolesterol yang memiliki resiko tinggi terhadap berbagai penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi telur puyuh sebaiknya juga diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup. Konsumsilah telur puyuh secukupnya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Daging berlemak

Kalau kamu suka mengonsumsi daging, perlu diperhatikan bahwa selain mengandung protein, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, makanan jenis ini juga mengandung kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi daging berlemak dalam jumlah banyak dan waktu lama telah terbukti dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Meskipun enak dikonsumsi, ada baiknya kalau kamu mulai membatasi konsumsi daging, khususnya daging yang berlemak.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sering kali menjadi salah satu makanan alternatif bagi sebagian masyarakat dengan tingkat kesibukan tinggi dan tidak sempat memasak. Makanan ini juga identik dengan gaya hidup orang kota yang kekinian. Walaupun enak dimakan, kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji perlu dihindari. Kenapa? Karena terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada makanan cepat saji.

Teman Sehat, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan membuat kita lebih berhati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan kita sehari-hari. Bagaimana pendapatmu? Yuk, tuliskan di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *