Awas Bahaya Herpes Genitalis pada Organ Intim Mu!

Halo Teman Sehat! Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim tentunya menjadi kewajiban setiap orang. Tapi sayangnya, banyak orang yang masih belum sadar akan hal yang satu ini. Padahal, banyak penyakit yang bisa menular lewat media organ intim. Parahnya, penyakit terkait organ seksual biasanya bersifat menular dan susah disembuhkan.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), penyakit menular seksual merupakan masalah kesehatan global yang berdampak pada kualitas hidup dan menyebabkan angka kesakitan dan kematian.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu penyakit menular seksual yang umum terjadi di masyarakat yaitu herpes genitalis.

Fakta seputar herpes

Herpes genitalis adalah penyakit infeksi kulit di sekitar area kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Ada 2 jenis virus herpes simpleks yaitu herpes simpleks 1 dan 2. Biasanya herpes genitalis disebabkan oleh tipe yang ke-2. Tahukah Teman Sehat? Di tahun 2012, diperkirakan 417 juta orang diseluruh dunia terinfeksi virus ini yang mana pada umumnya berusia 15-49 tahun. Kabar buruknya, penyakit ini termasuk a long life infection alias menginfeksi seumur hidup dan bisa terjadi berulang-ulang. Bahaya kan Teman Sehat?

Bagaimana gejala dan tanda-tandanya?

Penyakit yang satu ini sebenarnya mudah dikenali loh! Beberapa hari setelah terinfeksi virus herpes, penderita akan mengalami lecet atau benjolan berisi nanah di sekitar area kelamin. Hal ini berlangsung 2-6 hari untuk infeksi primer dan 5-10 hari untuk infeksi berulang. Ada juga yang disertai gejala lainnya seperti demam, sakit kepala, linu, dan lelah. Sayangnya, penyakit ini bisa meluas kebagian tubuh lainnya seperti area mata, mulut, dan ketiak. Bagian kulit yang tertular virus ini akan terasa sangat gatal dan terbakar serta rasa rasa nyeri di punggung bawah, bokong, dan tungkai. So, hati-hati jika ada gejala tersebut ya Teman Sehat!

Komplikasi akibat herpes

Ternyata penyakit ini ngga hanya menyebabkan masalah pada tubuh bagian luar loh Teman Sehat! Herpes bisa menyebabkan komplikasi lainnya seperti penyakit infeksi seksual (HIV/AIDS), infeksi pada bayi yang baru dilahirkan, infeksi kantung kemih, meningitis, serta peradangan rektal. Bahaya banget kan?

Cegah herpes lewat cara-cara berikut!

Udah ngga diragukan lagi kalau mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, ada beberapa cara yang bisa Teman Sehat terapkan agar terlindung dari virus yang satu ini ataupun kalau udah terinfeksi ngga menular lebih luas. Apa aja?

  • Hindari berbagai pakaian dalam dan handuk dengan orang lain
  • Tidak melakukan hubungan seks atau membatasi kontak seksual hanya dengan satu orang yang bebas infeksi
  • Jika sudah terinfeksi: cuci tangan dengan sabun saat menyentuh lesi/benjolan, hindari kontak seksual selama fase penularan, jika berhubungan gunakan kondom, dan perhatikan kebersihan tubuh sepanjang waktu.

Nah, itulah seputar penyakit herpes yang perlu Teman Sehat ketahui. Yang terpenting adalah bagaimana kita melindungi tubuh agar ngga tertular atau menularkan penyakit infeksi. Teman Sehat boleh juga nge-share tips-tips hidup sehat yang Teman Sehat jalani dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *