Awas Penyebab 5 Jamur Kuku Berikut!

Halo Teman Sehat! Jamur yang muncul pada kulit pastinya ngeganggu banget. Rasa gatal, panas, bahkan tampilan kulit yang berubah jadi ngga sedap dipandang adalah beberapa efek dari ‘jamuran’. Tapi jamur ngga hanya menyerang pada aja loh! Ada yang namanya Tinea unguium (TU) alias si jamur kuku.

Kelainan kuku akibat Tinea unguium disebabkan oleh jamur dari kelompok dermatofita. Jamur ini menginfeksi kuku jari tangan dan kaki yang mampu mencerna keratin pada kuku sehingga menyebabkan kuku menjadi rusak warna nya, menjadi suram, dan terdapat penebalan pada kuku. Kejadian Tinea Unguium/Onikomikosis meningkat seiring bertambahnya usia, dikaitkan dengan menurunnya sirkulasi perifer, diabetes, trauma berulang pada kuku, pajanan lebih lama terhadap jamur, imunitas menurun, serta menurunnya kemampuan merawat kuku.

Nah, kira-kira apa aja sih yang bisa bikin kamu terkena jamur kaku selain faktor risiko di atas?

1. Infeksi jamur kulit

Ternyata jamur kuku bisa bermula dari jamur kulit lainnya. Seperti pada athelete’s foot atau infeksi jamur kulit pada sela-sela jari kaki yang kalau ngga diobati bisa menyebar ke kuku kaki sehingga menyebabkan timbulnya jamur pada kuku.

2. Mencuci tangan berulang kali

Loh, kok rajin cuci tangan malah bikin jamuran? Kaki dan tangan yang sering berinteraksi dengan air kemungkinan berisiko lebih tinggi terinfeksi jamur kuku, selain itu juga bisa merusak kulit pelindung dasar kuku. Hal ini memungkinkan jamur untuk masuk dan menginfeksi kuku. Jadi, cuci tangan sewajarnya ya Teman Sehat!

3. Kuku rusak dan luka

Adanya kerusakan pada kuku memungkinkan jamur untuk menginfeksi kuku dan menjadi sarana untuk jamur masuk dan menginfeksi. Menggigit kuku dan penggunaan kuku buatan dan kosmetik juga meningkatkan risiko terinfeksi jamur kuku loh!

4. Kondisi kesehatan yang buruk

Orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah berisiko terinfeksi jamur kuku. Seperti pada individu dengan diabetes, psoriasis, sirkulasi darah yang buruk pada jari tangan dan kaki, dan orang-orang yang ngga memperhatikan kesehatan kaki.

5. Merokok

Seorang yang merokok dalam jangka panjang memiliki risiko terkena jamur kuku loh! Hal ini disebabkan oleh kurangnya darah yang menyuplai bagian jari-jari kaki sehingga sistem kekebalan tubuh kesulitan untuk mendeteksi dan menghentikan infeksi jamur. Hal ini diperparah jika perokok tersebut memiliki personal hygiene yang buruk.

Pada dasarnya, beberapa penyebab infeksi jamur pada kuku bisa dicegah dari awal dengan rutin membersihkan dan merawat kuku kaki. Yuk, share tips merawat kuku ala kamu dengan mengisi kolom komentari di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *