Berikut Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Seputar Stretch Mark

Halo Teman Sehat! Apakah kamu punya guratan-guratan di beberapa bagian tubuh seperti area sekitar pantat, paha, dan perut? Jika ya, berarti kamu memiliki stretch mark! Masalah yang satu ini sering membuat kebanyakan perempuan ngga pede karena memang cukup menganggu estetika kulit.

70% wanita dan 40% pria mengalami strecth mark beberapa kali sepanjang hidupnya. Kasusnya lebih tinggi pada ibu hamil, yaitu mencapai 90%.

Apa sih sebenarnya strecth mark? Nah, kali ini kita akan membahas sejumlah fakta mengenai strecth mark. Yuk, simak!

1. Ngga semua orang memiliki strecth mark

Ternyata hanya kelompok orang tertentu ya berisiko terkena stretch mark, yaitu mereka yang memiliki tipe kulit dengan kandungan kolagen yang sedikit. Kolagen berperan penting untuk menjaga elastisitas kulit. Selain faktor genetik, nutrisi dan gaya hidup juga berpengaruh terhadap kadar kolagen.

2. Berbagai kondisi membuat perempuan lebih berisiko

Perempuan, sebagai kelompok berisiko tinggi terkena stretch mark, memiliki faktor risiko yang meningkatkan peluang terkena masalah kulit yang satu ini. Berdasarkan hasil penelitian, usia yang lebih muda, riwayat ibu dan keluarga, peningkatan berat badan sebelum dan sesudah melahirkan, merupakan faktor yang paling berpengaruh pada munculnya stretch mark.

3. Strecth mark bisa dicegah kok!

Dibalik fakta kamu terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat stretch mark, masalah kulit yang satu ini bisa dicegah kemunculannya. Cara terbaik untuk meminimalisir risiko stretch mark adalah dengan mencegah berat tubuh ideal. Kenaikan berat badan yang terus-menerus hingga mencapai status obes, bisa mengganggu lapisan kulit karena semakin tebalnya lapisan lemak yang ada di bawah kulit. Hal ini ngga terkecuali bagi ibu hamil, kenaikan berat badan selama kehamilan harus dikontrol, idealnya sekitar 10-12,5 kg aja, jangan berlebihan. Dari faktor zat gizi, sebaiknya Teman Sehat rajin-rajin mengasup makanan yang kaya akan protein, seng, vitamin C, dan vitamin E, yang berperan penting dalam kesehatan kulit.

4. Apakah stretch mark bisa dihilangkan?

Yap, ada beberapa treatment kunci yang bisa menyamarkan dan menghilangkan stretch mark. Pertama yaitu penggunaan laser dan operasi, meskipun bisa menghilangkan strecth mark dengan sempurna, Teman Sehat harus berpikir ulang karena treatment ini bisa meninggalkan bekas luka bahkan merubah warna kulit, serta mahal juga loh! Kedua yaitu skin peel alias mengelupaskan lapisan kulit secara berulang-ulang dengan tujuan menyamarkan bekas stretch mark, tapi perawatan ini cukup menyakitkan ya Teman Sehat! Nah, yang terakhir bisa menjadi opsi terbaik, yaitu penggunaan lotion penghilang stretch mark. Meskipun ngga memberikan hasil yang cepat, penggunaan lotion secara rutin bisa menghilangkan garis-garis di kulit secara bertahap.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Teman Sehat pahami mengenai stretch mark. Kamu punya tips buat ngilangin si garis-garis kulit ini? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *