Hari Gizi Nasional : Resolusi 2018, Rencanakan Hidup Sehatmu!

Halo Teman Sehat! Taukah kamu setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Memasuki awal tahun 2018 ini pastinya kita punya sederet daftar yang ingin dilakukan kan? mumpung masih awal tahun, yuk kita rencanakan untuk memulai hidup sehat!

Evaluasi dari tahun sebelumnya bagaimana perilaku hidup sehat kita baik dari asupan makanan, aktifitas fisik serta hal-hal lain yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita, yang sudah baik bisa ditingkatkan lagi, yang masih kurang atau bahkan belum sama sekali, yuk kita rencanakan planning hidup sehat dari sekarang!

1. Yakinkan bahwa dirimu butuh perubahan

Kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas segala masalah yang kamu hadapi sebelumnya seperti masalah kesehatan, depresi, rendahnya konsumsi makanan sehat dan ngga ada waktu untuk exercise, kamu adalah satu-satunya orang yang bisa mengubah hidupmu menjadi lebih baik.

2. Kenali sinyal-sinyal yang ada pada tubuhmu

Saat kamu ngga memberikan apa yang tubuhmu butuhkan, maka ia akan memberikan sinyal-sinyal tertentu agar kamu bisa mengatasinya sedini mungkin, seperti sakit kepala, konstipasi, gangguan pencernaan, berarti tubuhmu inginkan adanya perbaikan dan jangan pernah diabaikan ya Teman Sehat!

3. Mulailah melakukan program exercise yang efektif

Salah satu cara hidup sehat adalah terus bergerak, gerakan-gerakan yang dilakukan selain akan memberikan kebugaran dan mengurangi risiko buruk untuk kesehatan juga bisa berpengaruh terhadap emosi di dalam diri kita. Aktifitas fisik yang kita lakukan ditambah dengan exercise seperti yoga, pillates, aerobik, jogging, berlari, akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh bila dilakukan secara kontinyu.

4. Kamu adalah apa yang kamu makan

Komponen terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga asupan makanan. Ngga sembarang makanan yang dikonsumsi melainkan konsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti sayuran dan buah-buahan yang patut diprioritaskan. Makanan kaya akan serat, minum air putih yang cukup dalam keseharian, menghindari gula galam berlebihan, dan makanan yang diasap atau dibakar.

Selain itu, juga perlu memulai berhenti merokok bagi yang merokok. Ngga hanya itu dalam pengolahannya pun juga harus dijaga seperti masak sendiri dirumah lebih menjamin makanan yang dikonsumsi ngga mengandung bahan tambahan makanan yang berbahaya.

5. Hindari faktor yang memicu stress

Bukan hanya fisik dan asupan makanan yang baik saja, tapi kesehatan mental juga patut dijaga. Lakukan hal-hal yang membuat dirimu bahagia seperti melakukan hobi, mendengarkan musik, menulis, menonton film, travelling dan meditasi.

Teman sehat, yuk kita buat daftar rencana kapan harus melakukan exercise, daftar makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap hari serta jadwal kegiatan menyenangkan untuk mengelola stress. Kita buat tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, sehingga kebiasaan hidup sehat sudah menjadi kebutuhan di tahun-tahun mendatang!

 

Editor & Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *