Manfaat Besar Si Kecil Ikan Teri!

Halo Teman Sehat! Siapa disini yang ngga tau ikan teri? Sebagian masyarakat mungkin beranggapan bahwa ikan teri adalah makanan kampung yang dimakan orang kurang mampu saja atau hanya sebagai salah satu jenis ikan asin yang sering dikombinasikan dengan kacang goreng. Eits, jangan salah kaprah dulu, ternyata kumpulan ikan-ikan kecil ini bisa mempengaruhi masa depan kita loh, Kok bisa?

Rendahnya daya konsumsi makanan bergizi seimbang

Daya konsumsi makanan bergizi dan seimbang di Indonesia masih sangat kurang, karena minimnya informasi dan pengetahuan tentang gizi seimbang, membuat masyarakat beranggapan bahwa menu gizi seimbang adalah menu makanan mahal dan hanya bisa dijangkau masyarakat menengah keatas saja, padahal masih banyak alternatif makanan kaya akan gizi yang bisa dijangkau dan mudah ditemukan.

Kandungan kalsium pada ikan teri

Salah satu contohnya adalah kebutuhan protein dan kalsium, masyarakat beranggapan bahwa dua zat gizi ini hanya bisa ditemukan pada daging, susu, keju, yogurt dan makanan olahan serupa yang hanya bisa dijangkau dengan harga yang tinggi. Faktanya, ada makanan alternatif yang kaya akan zat gizi krusial tersebut yaitu ikan teri.

Apa saja kandungan lain ikan teri?

Ikan teri adalah ikan yang hidup berkelompok di daerah perairan pesisir eustaria dengan tingkat keasinan 10-15%. Ikan dengan spesies stolephorus sp ini memiliki kelebihan karena kita bisa mengkonsumsi seluruh tubuhnya. Selain itu ikan teri kaya akan protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tiap 100 gram ikan teri segar mengandung energi 77 kkal, protein 16 gr, lemak 1,0 gr, kalsium 500 mg, fosfor 500 mg dan zat besi 1,0 mg, vit A 47 dan vit B 0,1 mg.

Manfaat protein dan kalsium?

Protein dan kalsium sangat mempengaruhi sel dan organ yang ada di dalam tubuh kita, kedua zat gizi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses perbaikan dan pembangunan jaringan, terutama jaringan tulang dan gigi.

Dampak tulang dan gigi yang kuat

Tulang dan gigi yang kuat bisa mencegah penyakit osteoporosis yang lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan dengan pria terutama di benua Asia. Selain itu kebutuhan nutrisi ini juga dibutuhkan oleh ibu hamil dan balita yang mempunyai kolerasi kuat dengan pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi geligi anak.

Sebaliknya, kekurangan akan protein dan kalsium akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan kolagen dan mineral tulang dan gigi sehingga kekuatan dan elastisitas tulang dan gigi berkurang sehingga bisa menyebabkan osteoporosis.

Nah Teman Sehat, sudah tahu manfaat dari ikan teri kan? Mulai sekarang jangan gengsi lagi untuk makan ikan teri ya karena sangat berpengaruh untuk masa depanmu kan!

 

Editor & Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *