Ini Dia Sumber Karbohidrat Alternatif untuk Menurunkan Berat Badan

Halo Teman Sehat! Siapa yang masih pusing soal nurunin berat badan? Selain mengurangi makanan sumber lemak, orang yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan juga cenderung mengurangi asupan karbohidrat. Bahkan ngga jarang ada orang yang asal men-cut karbohidrat dari dietnya. Padahal, karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh yang berperan penting untuk menghasilkan energi.

Nah, tahukah Teman Sehat? Ada jenis makanan tinggi karbohidrat yang bikin berat tubuh ngga gampang naik loh! Sumber karbo ini cocok banget buat kamu yang ngga pengen dietnya terganggu. Apa aja?

Kenalan, yuk, sama pati resisten!

Sebagian besar makanan pokok merupakan zat pati. Ngga semua pati yang kita konsumsi itu bisa dicerna, nah, pati jenis ini disebut pati resisten. Pati resisten ini manfaatnya hampir sama dengan serat larut loh! Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pati resisten juga bisa membantu meningkatan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, dan memberi efek kenyang lebih lama.

Berarti secara ngga langsung pati resisten bisa membantu kita menurunkan berat badan dong?

Diketahui, pati resisten mengandung kalori yang lebih rendah dari kalori karbohidrat pada umumnya. Kalau biasanya 1 gram karbohidrat itu mengandung 4 kalori, pati resisten cuma mengandung 2 kalori per gramnya. Jadi ngga takut kan kalau mau makan banyak?

Sebagaimana udah dijelaskan sebelumnya, pati resisten mempunyai fungsi yang hampir sama dengan serat. Sehingga, pati resisten dalam makanan yang dikonsumsi juga bisa memberikan tubuh efek kenyang lebih lama. Nah, hal tersebut bisa mencegah kamu dari rasa lapar dan ingin ngemil ini-itu.

So … pati resisten bisa didapatkan dari sumber apa aja sih?

  • Oats

Oats adalah sumber pati resisten yang baik. Dalam 100 gram porsi oatmeal, terkandung sekitar 3.6 gram pati resisten. Selain itu, oats juga tinggi antioksidan dan serat!

  • Pisang Hijau

Kadar pati resisten berbeda berdasarkan tingkat kematangan pisang. Kadar pati resisten paling tinggi ditemukan pada pisang hijau (pisang yang belum benar-benar matang). Karena semakin matang, maka pati resisten akan berubah menjadi fruktosa, glukosa dan sukrosa.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang polong merupakan sumber pati resisten yang baik. Tergantung dari jenis polong-polongannya, sumber makanan tersebut mengandug  1-4 gram pati resisten per 100 gramnya setelah dimasak.

  • Tepung pati kentang

Sekitar 72% pati dalam tepung pati kentang ini merupakan pati resisten. Teman Sehat cukup membutuhkan 1-2 sendok tepung per harinya. Tepung pati kentang bisa ditambahkan dalam smoothies, yoghurt atau oatmeal. Rasanya ngga kalah nikmat loh!

  • Tepung jagung (Hi-Maize Flour)

Seperti tepung pati kentang, tepung jagung juga merupakan sumber pati resisten yang baik dan bisa ditambahkan ke dalam smoothies, yoghurt dan oatmeal mu. So, Teman Sehat bisa makan jagung dalam variasi yang berbeda-beda.

Selain sumber makanan di atas, mendinginkan makanan sumber karbohidrat tertentu (seperti nasi, oatmeal, kentang, pasta) ternyata juga bisa meningkatkan kadar pati resisten. Cara ini bisa dicoba di rumah dengan mudah! Nah, ternyata bikin perut kenyang dan menjaga nafsu makan gampang banget kan? Ingat, pilihan dietmu menentukan tingkat kesehatan tubuhmu!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *