Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Cuci Tangan Pakai Sabun!

Halo Teman Sehat! Cuci tangan jadi salah satu bagian penting buat menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Penelitian yang dilakukan oleh Ignaz Semmelweis, atau yang dikenal juga sebagai “The Father of Hand Hygiene” pada tahun 1846 menunjukkan bahwa ternyata mencuci tangan bisa menurunkan risiko penyakit infeksi yang banyak dialami oleh ibu hamil zaman dulu, loh Teman Sehat!

Kenapa Kita Harus Cuci Tangan?

Yap, The Global Handwashing Partnership (GHP) mengungkapkan kalau cuci tangan adalah cara yang paling efektif dan murah buat mencegah berbagai penyakit. Tapi, ngga cuma buat cegah penyakit, cuci tangan juga berdampak pada gizi, ekonomi, pendidikan bahkan ekuitas loh, Teman Sehat!

Baca juga : 5 Hal Ini Akan Buat Cuci Tangan Kamu Jadi Sia-sia

World Health Organization (WHO) menyebutkan kalau sekitar 50% anak mengalami gizi kurang akibat diare dan penyakit infeksi lain akibat sanitasi dan hygiene yang buruk. Individu yang mengalami gizi kurang cenderung memiliki risiko penyakit lain yang lebih besar sehingga biaya yang dihabiskan untuk pengobatan juga lebih besar.

Dari segi pendidikan, kebiasaan cuci tangan yang buruk  bisa mempengaruhi kemampuan belajar dan akademik individu tersebut. Intinya, individu yang ngga biasa mencuci tangan rentan terkena penyakit dan berdampak pada kehidupan sehari-harinya, Teman Sehat!

Lalu, Kenapa Cuci Tangan itu Harus Pakai sabun?

Mencuci tangan dengan sabun itu gampang!

Yap, setiap orang bisa menjaga diri mereka, keluarga mereka, dan komunitas mereka dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Hanya perlu sedikit air dan waktu buat membersihkan tangan sampai kuman pada tanganmu mati dengan menggunakan sabun.

Mencuci tangan dengan sabun itu efektif!

Teman Sehat, mencuci tangan secara teratur pada saat tertentu seperti setelah keluar dari toilet, sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan makanan, setelah memegang hewan, setelah beraktifitas di luar atau bermain, setelah batuk, serta sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit bisa jadi hal paling gampang dan efektif buat menghindarkan kamu dari risiko diare dan pneumonia, loh Teman Sehat! Ngga sepele, diare dan pneumonia yang diderita bisa jadi salah satu penyebab munculnya penyakit serius bahkan kematian loh.

Baca juga : Tangan Kotor adalah Sumber Penyakit, Yuk Cuci Tangan!

Mencuci tangan dengan sabun itu terjangkau!

Selain gampang dan efektif, mencuci tangan pakai sabun juga terjangkau buat semua kalangan, Teman Sehat! Jadi, selain gampang dan efektif buat menjauhkan kamu dari risiko penyakit, kamu ngga perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam buat membeli sabun, ya Teman Sehat!

Kesehatan ada di tangan kita semua. Yuk, biasakan cuci tangan supaya kamu dan orang-orang yang kamu sayangi terhindar dari penyakit, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *