Tangan Kotor adalah Sumber Penyakit, Yuk Cuci Tangan!

Halo Teman Sehat! Siapa yang masih malas cuci tangan? Kebersihan tangan ngga boleh dianggap sepele loh! Berbagai penyakit bisa dimulai dari kedua telapak tanganmu yang kotor. Faktanya, kebersihan tangan juga bisa mencegah penyakit diare yang dapat berujung pada kematian. Jadi, cuci tangan merupakan hal penting yang ngga boleh disepelekan. Yuk simak uraian tentang cuci tangan berikut ini!

Mengapa mencuci tangan penting?

Cuci tangan penting karena merupakan langkah sederhana dalam mencegah penyebaran kuman. Berbagai penyakit menular bisa tersebar melalui kontaminasi tangan. Penyakit-penyakit tersebut termasuk infeksi pencernaan (oleh Salmonella) dan infeksi pernafasan (seperti influenza). Infeksi tersebut bisa menimbulkan komplikasi kesehatan serius dimasa yang akan datang, terutama jika terjadi pada anak-anak, lansia, atau orang dengan sistem imun yang rendah. Cuci tangan yang baik yaitu dengan menggunakan sabun, teknik cuci tangan yang sesuai standar, juga dengan air mengalir.

Kapan sebaiknya kita mencuci tangan?

Berbagai aktivitas harian kita bisa membuat kita tanpa sadar berurusan dengan kuman, seperti saat tangan terlihat kotor, setelah menggunakan toilet atau mengganti popok, setelah bersin, sebelum dan sesudah makan/minum atau mengolah makanan, setelah menyentuh daging mentah, setelah membuang sampah, saat mengunjungi atau merawat orang sakit, dan saat menangani hewan peliharaan. Nah, untuk kondisi-kondisi tersebut Teman Sehat harus selalu ingat buat mencuci tangan ya!

Bagaimana kuman penyakit menjangkiti dan membuat kita sakit?

Feses (kotoran manusia atau hewan) merupakan salah satu sumber  keberadaan berbagai virus dan bakteri seperti Salmonella, E coli, hingga bakteri penyebab diare. Kuman-kuman tersebut bisa sampai ke tangan ketika seseorang dari toilet atau mengganti popok bayi. Dalam 1 gram feses manusia terdapat setidaknya 1 triliun kuman. Penyebaran kuman juga bisa melalui cara-cara yang ngga disadari seperti saat memegang daging mentah (dimana terdapat sejumlah kecil kotoran hewan yang ngga terlihat). Kuman juga bisa menyebar melalui kontak dengan orang yang baru saja batuk, bersin, atau seseorang yang menyentuh objek terkontaminasi. Ketika kuman itu sempai ke tangan dan kita ngga mencuci tangan maka siap-siap aja buat terjangkit penyakit.

Apakah mencuci tangan harus menggunakan sabun?

 

Faktanya cuci tangan dengan sabun membantu mencegah berbagai infeksi kuman karena dalam keseharian kita menggunakan tangan untuk menangani berbagai hal seperti makan, memasak, berkerja, dan menyentuh berbagai barang. Seseorang seringkali menyentuh mata, hidung, juga mulut dengan tanpa sadar  bahwa terdapat kuman ditangannya yang bisa menimbulkan resiko sakit.

Mencuci tangan efektif menurunkan angka diare hingga 31%, menurunkan angka penderita diare pada orang-orang dengan sistem imun lemah hingga 58%, juga menurunkan penyakit pernafasan sepeti flu dimasyarakat hingga 21%.

Jadi, masih mager buat cuci tangan?  Selain untuk menjaga kesehatan diri, cuci tangan juga punya dampak buat lingkungan kita. Teman Sehat punya pengalaman menarik terkait cuci tangan? Yuk share dikolom komentar!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *