Inilah yang Sering Dilupakan Setelah Melahirkan: Kesehatan Mental Ibu

Teman Sehat, bicara tentang kesehatan mental ibu, ada data dari World Health Organization (WHO) yang cukup mengejutkan.

“Sebanyak 10% ibu hamil dan 13% ibu yang baru melahirkan mengalami gangguan mental, terutama depresi. Di negara berkembang, bahkan angka ini lebih tinggi, yaitu 15,6% selama kehamilan dan 19,8% setelah melahirkan” – WHO

Hal ini mungkin terjadi karena kesehatan mental ibu kurang diperhatikan di negara-negara berkembang. Sedih kan, Teman Sehat?

Studi terbaru menemukan bahwa sekitar 20% ibu di negara berkembang mengalami postnatal depression. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan penelitian lain di negara-negara berpenghasilan tinggi. Oh iya, postnatal depression juga dialami oleh Adele setelah melahirkan anak pertamanya, Angelo, pada 2016 lalu.

Apa arti postnatal depression?

Postnatal depressionpost (setelah), natal (lahir), depression (depresi) adalah salah satu jenis depresi yang dialami oleh banyak orang tua setelah mempunyai bayi. Biasanya, postnatal depression lebih rentan dialami oleh ibu.

Apa gejala postnatal depression?

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, berikut ini adalah gejala-gejala utama dari postnatal depression.

  • Perasaan sedih dan mood yang jelek terus-menerus
  • Kurangnya ketertarikan dan gairah akan hal-hal di sekitar dan ngga lagi menikmati hal-hal yang biasanya membuat senang
  • Merasa kurang energi dan lelah sepanjang waktu
  • Perasaan ngga mampu menjaga bayi
  • Sulit konsentrasi dan membuat keputusan
  • Kehilangan nafsu makan atau nafsu makan tinggi (merasa bahwa makan bisa menenangkan)
  • Merasa mudah tersinggung dan ngga boleh diganggu orang lain
  • Merasa bersalah, ngga berdaya, dan menyalahkan diri sendiri
  • Merasa sulit melakukan bonding dengan bayi
  • Ngga merasa senang ketika menemani bayi
  • Punya pikiran jahat, misalnya ingin melukai bayi (biasanya jarang terjadi)
  • Memikirkan tentang bunuh diri atau melukai diri sendiri

Apa penyebab terjadinya postnatal depression?

Adanya riwayat masa lalu yang berhubungan dengan masalah kesehatan mental, terutama depresi sebelum atau selama kehamilan, sangat berpengaruh terhadap kejadian ini Teman Sehat. Ngga ada keluarga atau teman dekat yang mendukung juga bisa memperburuk kondisi ini. Hubungan yang buruk dengan pasangan dan adanya peristiwa yang membuat stres, misalnya kehilangan, juga bisa memperparah postnatal depression.

Apa dampak postnatal depression?

Pada kasus yang sangat serius, ibu bahkan melakukan bunuh diri. Ibu yang mengalami postnatal depression ngga bisa melakukan fungsi ibu sebagai mana mestinya. Sehingga, akan terjadi dampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Gangguan mental pada ibu bisa diatasi dengan bantuan petugas kesehatan yang terlatih.

Gimana cara mencegah postnatal depression?

Teman Sehat, satu-satunya cara buat mencegah postnatal depression adalah dengan melakukan gaya hidup sehat sebelum, selama, dan setelah melahirkan. Termasuk dalam hal mengelola stres.

Kalau calon ibu punya riwayat gangguan mental sebelumnya, maka tenaga kesehatan biasanya akan memberikan rujukan untuk melakukan konsultasi selama beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Komunikasi dan hubungan yang baik dengan pasangan juga sangat membantu mengurangi peristiwa postnatal depression loh, Teman Sehat.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *