Menyusui saat Sakit? Kenapa Tidak!

Halo Teman Sehat! Seorang ibu yang menyusui bayinya tentu ngga selalu dalam keadaan prima. Terkadang karena pengaruh musim atau rendahnya imunitas tubuh, si ibu pun rentan terserang penyakit. Yang bikin khawatir kebanyakan masyarakat adalah boleh ngga sih ibu yang sedang sakit tetap menyusui bayinya? Apa ngga bakal nularin? 

Nah untuk lebih paham apakah ibu masih boleh menyusui saat sakit yuk simak ulasan berikut !

Menyusui saat sakit

Dilarang menyusui bayi saat sakit adalah hal yang kontroversial dan kebanyakan ngga benar loh Temen Sehat! Menurut berbagai penelitian hanya sedikit penyakit yang menyebabkan ibu tidak diperbolehkan menyusui bayinya, seperti HIV dan HTLV-1 yang merupakan penyakit infeksi. Sedangkan pada penyakit umum seperti demam, flu, mastitis, dan sebagainya si ibu tetap dapat melajutkan pemberian ASI. Tapi, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter terkait untuk mengetahui efek pengobatan terhadap ASI dan bayi.

Menyusui bagi ibu yang keracunan

Pada kasus ibu keracunan makanan dengan gejala gangguan pencernaan seperti muntah, diare, dan kram perut, pemberian ASI dapat dilanjutkan karena tidak berpengaruh terhadap bayi. Tapi, Teman Sehat harus berhati-hati jika racun makanan telah berkembang menjadi septicemia yang berindikasi pada masuknya bakteri pada aliran darah ibu (hingga mungkin ke ASI).

Konsultasikan dengan dokter apakah pemberian ASI dihentikan sementara atau tetap dilanjutkan sejalan dengan pengobatan antibiotik yang diberikan pada ibu. Jika organisme yang menginfeksi terutama virulen atau menular (misalnya infeksi bakteri streptokokus yang menyebabkan ibu sakit parah), menyusui bisa terus dilakukan setelah penghentian sementara selama 24 jam pertama pasca terapi atau pengobatan.

Bagaimana pengobatan pada ibu menyusui yang aman?

Sebagian besar obat yang ada saat ini aman untuk dikonsumsi ibu menyusui, sedangkan kalau obat tersebut ngga direkomendasikan maka masih terdapat banyak alternatif obat yang lebih aman. Pastikan Teman Sehat cermat dalam membaca informasi obat ya!

Jadi, hal terbaik yang dapat dilakukan ibu menyusui saat sakit adalah tetap memberikan ASI pada bayi. Penyakit seperti flu, demam, pilek, dan sejenisnya jangan dijadikan penghalang untuk tetap memberikan ASI. Tapi, ibu tetap harus memperhatikan kebersihan diri melalui tindakan mencuci tangan, hindari bersin atau batuk menghadap bayi, membatasi kontak muka, dan sabagainya.

Keep calm! Sebagian besar penyakit ngga ditularkan dari ASI ke bayi, namun sebaliknya ASI mengandung zat antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit. So, buat para ibu tetaplah mengASIhi bayinya dalam keadaan apapun!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *