Kamu Pejuang Kereta? Yuk, Baca Ini!

Teman Sehat, kamu salah satu pejuang kereta? Kalau iya, pasti kamu tau dong, gimana penuh dan crowded-nya kereta rel listrik (KRL) di jam kerja. FYI, menurut PT KCI (Kereta Commuter Indonesia), jumlah pengguna KRL pada tahun 2017 mencapai 993.804 pada hari kerja. Kebayang kan, letih dan pegalnya selama 5 hari berdiri lalu berdesakkan di KRL? Nah, supaya posisi tubuh kamu tetap nyaman selama di KRL, yuk lakukan 3 hal ini. Let’s check it out!

1. Perhatikan posisi berdiri kamu

Teman Sehat, posisi berdiri tubuh yang ideal, penting loh buat kesehatan. Walaupun sangat susah buat mempertahankan ini di dalam gerbong KRL yang penuh, tapi kamu bisa melatih dan mempraktekannya saat sedang menunggu KRL datang di peron stasiun.

Caranya, saat berdiri kamu bisa pertahankan posisi tulang punggung tetap tegak lurus, agar posisi organ di dalam tubuh tetap berada pada posisi yang tepat dan beban yang ditanggung oleh punggung jadi lebih ringan. Posisi berdiri yang kurang tepat (membongkok, miring kanan, dan kiri) akan membuat lengkungan pada tulang punggung dan menyebabkan sakit punggung, loh!

2. Gunakan alas kaki yang nyaman

Penggunaan alas kaki saat berdiri atau berjalan lama, juga penting loh buat kamu perhatikan. Kalau kamu menggunakan sepatu yang tertutup, pilihlah sepatu dengan ujung yang empuk agar jari kaki ngga sakit. Lalu, kalau kamu memakai sepatu heels, pastikan tingginya ngga lebih dari 5 cm, agar ngga terjadi pegal pada ligamen kaki.

Jangan lupa, cek bagian sepatu yang menempel dengan telapak kaki. Patikan bagian ini empuk dan pas dengan ukuran kaki, agar kamu nyaman selama berdiri di KRL. Kalau perlu, kamu bisa  menaruh bantalan alas kaki atau insole sepatu busa ke dalam sepatu supaya kaki kamu tetap nyaman.

3. Membersihkan dan merelaksasi otot kaki

Saat sampai di rumah, kamu bisa mulai mengistirahatkan kaki setelah berdiri di KRL. Bisa dimulai dengan meluruskan kaki Teman Sehat, kemudian merendamnya dengan treatment Warm-Cold Foot Baths atau merendam kaki dengan air hangat dan dingin. 

Caranya, siapkan baskom yang berisi air hangat, air dingin, dan handuk. Lalu, masukkan telapak kaki kamu ke dalam baskom yang berisi air hangat selama tiga menit, lalu pindahkan ke baskom yang berisi air dingin selama tiga menit. Ulangi hal tersebut 2-3x, setelah itu keringkan kaki dengan handuk sambil memijit telapak kaki. Treatment ini bermanfaat buat menghilangkan rasa lelah, pegal dan juga  bisa melancarakan perederan darah pada kaki.

Nah, ngga ada salahnya kamu mecoba tiga hal sederhana ini? Minimal, buat mengapresiasi kaki kamu yang udah bekerja keras setiap harinya, selama berada di KRL. Ingat, kaki kamu punya hak loh buat dimanjakan. Yuk, tetap sehat selama beraktifitas dengan KRL!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *