Manfaat Berpuasa bagi Si Kecil

Halo, Teman Sehat! Ngga kerasa ya, udah lebih dari seminggu berpuasa di bulan Ramadan. Semoga kamu yang menjalankan puasa tetap semangat ya! Jangan kalah sama anak kecil. Walaupun ngga diwajibkan berpuasa, banyak loh, anak kecil yang udah mulai berlatih puasa. Selain semangat mendapatkan ‘hadiah’ saat puasanya ngga bolong, si kecil juga mendapatkan pengalaman yang baru saat puasa. Apa sih, pengalamannya? Kamu mau tau? Let’s check it out!

Pengalaman saat berpuasa

Teman Sehat, buat si kecil, puasa merupakan pengalaman yang baru, loh. Bangun saat dini hari untuk makan sahur, beribadah dan melakukan aktifitas tanpa makan dan minum, membuat si kecil harus memiliki tekad yang kuat agar bisa menyelesaikan puasanya.

Biasanya anak kecil akan mulai belajar puasa saat usia 6-7 tahun dan ngga langsung puasa seharian full, tapi setengah hari yaitu sampai jam 12.00 siang. Saat puasa, selain menahan lapar dan haus, si kecil juga akan belajar buat mengendalikan dirinya. Seperti menahan respon agar ngga cepat marah, bersabar dan mengontrol emosinya. Selain itu, berpusa juga bisa melatih si kecil agar memiliki karakter yang lebih baik.

Pengendalian diri dan dampaknya bagi si kecil

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, puasa bisa membuat karakter si kecil menjadi lebih baik, karena bisa melatih untuk mengendalikan dirinya. Hal ini dibenarkan oleh Walter Mischel, seorang psikolog yang melakukan Uji Marshmallow untuk mengetahui kesabaran anak terhadap suatu imbalan.

Uji ini dilakukan dengan cara memberikan dua pilihan kepada anak kecil, yaitu mendapatkan satu buah marshmallow saat ini atau mendapakan dua buah marshmallow jika bisa menunggu sampai 15 menit. Hasilnya, anak kecil yang bisa menunggu buat mendapatkan dua marshmallow, memiliki perilaku yang lebih baik di masa depan.

Adanya pengendalian diri yang dilakukan, akan menyebabkan si kecil terhindar dari sifat dan perilaku yang kurang baik, seperti mudah marah, mudah stress, cemas, egois dan kurang peduli dengan orang lain. Jika si kecil mudah mengendalikan dirinya, maka nantinya akan mudah diterima di lingkungan sekitarnya.

Yuk, latih si kecil berpuasa!

Kamu bisa mulai dengan menjelaskan pentingnya puasa Ramadan bagi muslim, menanamkan nilai-nilai agama dan budaya pada si kecil sedini mungkin, agar saat dewasa sudah terbiasa.

Jika si kecil sudah mau berpuasa, kamu bisa memulai dengan mengajaknya puasa selama setengah hari. Ajaklah dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan selama berpuasa seperti sahur, menyiapkan berbuka puasa, beribadah, dan beramal. Kegiatan ini akan membuat si kecil bersemangat, sehingga nantinya akan tertarik buat melakukan puasa.

Jika si kecil belum mau berpuasa, kamu ngga harus memaksanya. Tapi, yang bisa kamu lakukan adalah menanamkan prinsip moral dari bulan Ramadan. Jelaskan bahwa bulan ini adalah bulan untuk berbuat baik kepada sesama, menyumbang kepada yang kurang mampu, mengajarkan bersyukur, belajar mengendalikan diri dari sifat yang ngga baik, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Mungkin, sekarang kamu akan merasa repot buat melatih si kecil berpuasa. Tapi, ternyata berpuasa bisa membuat si kecil memiliki kebiasaan yang lebih baik, loh kedepannya. Tetap semangat Teman Sehat, semoga puasa kamu lancar yaa sampai lebaran nanti!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *