Musim Hujan? Ini 5 Cara Merawat Kebersihan Kuku Kaki

Halo Teman Sehat! Banyak yang mengabaikan kebersihan kuku kaki dan lebih sering memperhatikan kebersihan kuku tangannya. Padahal, kebersihan kuku kaki juga penting loh! Kuku kaki harus tetap terawat, bersih dan pendek. Kotoran yang menempel pada kuku kaki bisa menyebabkan bau ngga sedap akibat adanya bakteri terutama pada musim hujan.

Teman Sehat, saat musim hujan akan ada banyak genangan air kotor di jalanan yang sulit untuk dihindari. Genangan air itu bisa membuat sepatu kita basah dan menyebabkan rasa yang ngga nyaman. Walaupun udah memakai alas kaki, air bisa merembes dan akibatnya kaki kita menjadi lembab dan kotor. Hati-hati ya, bakteri dan jamur bisa memicu infeksi pada kaki mu! Supaya hal tersebut ngga terjadi, yuk simak cara menjaga kebersihan kaki berikut!

1. Mencuci kaki dengan air hangat

Teman Sehat bisa menyiapkan baskom berisi air hangat untuk mencuci kaki setelah beraktivitas di luar rumah. Mencuci kaki dengan merendamnya di baskom seperti ini sebaiknya dilakukan dengan posisi duduk di kursi. Selain menggunakan air hangat, Teman Sehat juga sebaiknya menambahkan cairan antiseptik untuk membunuh bakteri dan jamur yang mungkin menempel di kaki. Mecuci kaki seperti ini minimal dilakukan tiga kali dalam satu minggu. Ngga hanya membantu membersihkan loh, merendam kaki dengan air panas juga bisa menciptakan sensasi rileks.

2. Menggosok dengan sikat halus

Setelah merendam kaki di dalam baskom berisi air hangat, kegiatan selanjutnya adalah menggosok kuku kaki dengan menggunakan sikat untuk kuku. Jangan lupa tambahkan sabun ya ! Gosok perlahan dengan lembut terutama pada bagian sisi kuku dan sela-sela jari. Gunakan lap kering untuk mengeringkan kaki yang telah dicuci atau dibersihkan.

3. Memotong kuku kaki

Teman Sehat dianjurkan untuk membersihkan alat-alat yang akan digunakan untuk memotong kuku sebelum menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri yang sebelumnya telah menempel pada alat pemotong kuku, terutama jika alat tersebut digunakan bersamaan dengan orang lain. Memotong kuku setelah merendam kaki menjadi lebih mudah karena kuku masih lunak atau tidak terlalu keras. Menjaga kuku kaki tetap pendek juga mencegah bakteri menempel pada kuku loh!

4. Menggunakan pelembab

Pelembab bisa membuat kuku kaki tetap lembut sehingga ngga mudah patah. Mengoleskan pelembab juga bisa dilakukan sambil memberikan pijatan pada kaki. Pemberian pijatan ini berguna untuk  membantu melancarkan peredaran darah, Teman Sehat.

5. Rutin mengganti kaos kaki

Kaos kaki yang udah digunakan saat beraktivitas berisiko terkontaminasi kotoran dari sepatu dan terkena keringat. Jadi, selain membersihkan dan memberikan perawatan khusus pada kaki, Teman Sehat juga bisa menjaga kaki tetap bersih dengan mengganti kaos kaki setiap hari. Hal ini bisa membuat  Teman Sehat terhindar dari infeksi bakteri serta jamur dan bau kaki yang sering mengganggu.

Nah, 5 cara di atas bikin kaki kamu tetapi bersih dan sehat meski sering kerendam genangan air dimusim penghujan ini. Kalau Teman Sehat punya tips lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *