Mudah Lapar? Pilih Karbohidrat yang Tepat Di Sini!

Halo Teman Sehat! Buat kamu para mahasiswa, sering ngga sih kamu selektif banget mencari makanan yang murah tapi ngga membuat kamu cepet lapar lagi? Yap, apalagi di akhir bulan kan, saat kantong udah menipis, makan mi dengan nasi bisa terasa nikmat dan mengenyangkan. Tapi, kenapa cepat laper lagi ya? Coba yuk kita cek, kamu konsumsi karbohidrat yang mana? Karbohidrat yang sederhana atau yang kompleks ya?

Sekilas tentang karbohidrat sederhana!

Teman Sehat, taukah kamu macam-macam dari karbohidrat sederhana? Karbohidrat sederhana, sesuai dengan namanya, memiliki struktur sederhana yang gampang dicerna oleh tubuh. Karena lebih cepat dicerna tubuh, konsumsi karbohidrat sederhana ini secara cepat bisa meningkatkan kadar glukosa darah dan tentunya bisa membuat kamu gampang lapar lagi, Teman Sehat!

Makanan seperti selain, madu, soft drink, gula pasir, gula merah, sirup, biskuit, permen dan cake adalah beberapa contoh karbohidrat sederhana. Karbohidrat ini baik kamu konsumsi ketika sesaat setelah olahraga atau ketika berbuka puasa, Teman Sehat!

Baca juga: Mau sukses berolahraga? Yuk, atur pre competition meal kamu!

Mengenal karbohidrat kompleks!

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya lebih kompleks, bisa tersusun lebih dari dua molekul. Karbohidrat ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral Teman Sehat.

Susunan molekul yang kompleks membuat karbohidrat ini membutuhkan waktu lebih lama buat dicerna tubuh. Hal ini menjadikan glukosa darah ngga naik secara cepat setelah kamu mengonsumsinya. Kamu juga bisa lebih lama kenyang, loh Teman Sehat! Makanan apa aja itu? Beras merah, gandum, buah-buahan dan sayuran, jagung, umbi-umbian adalah contoh dari makanan ber-karbohidrat kompleks, Teman Sehat!

Nah, buat kamu yang tetap ingin mengontrol berat badan, mengalami diabetes, atau dalam kondisi beberapa jam sebelum berolahraga, sebaiknya kamu konsumsi karbohidrat jenis ini dibandingkan karbohidrat sederhana, Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *