Poin Penting tentang Inisasi Menyusu Dini yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Menyusu

Halo Teman Sehat! Pasti kamu sudah sering dengar tentang manfaat ASI eksklusif selama 6 bulan kan? Nah! Salah satu cara untuk mensukseskan ASI eksklusif 6 bulan adalah dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Apa sih arti Inisiasi Menyusu Dini?

IMD

Menurut World Health Organization (2015), Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi dalam satu jam kelahirannya dan memastikan bahwa bayi mendapakan kolostrum atau ASI pertama yang kaya akan manfaat perlindungan.

IMD adalah proses yang dimulai dari meletakkan bayi menempel di dada atau perut ibu segera setelah lahir, membiarkannya merayap mencari puting, kemudian menyusu sampai puas. Proses ini dibiarkan berlangsung minimal selama satu jam pertama sejak bayi lahir.

Mengapa Inisiasi Menyusu Dini wajib untuk dilakukan?

IMD memiliki banyak manfaat:

  1. Mencegah kematian bayi baru lahir hingga bayi berusia 28 hari. Pan American Health Organization (2015) menyatakan bahwa 1/5 dari seluruh kematian neonatal di dunia dapat dihindari apabila IMD
  2. Kontak kulit ibu dengan kulit bayi sesaat setelah melahirkan akan merangsang produksi ASI.
  3. Menyusui bayi segera dapat membuat kandungan ibu mengecil, sehingga dapat mengurangi risiko perdarahan besar.Kolostrum
  4. ASI yang keluar pada beberapa hari pertama melahirkan disebut kolostrum, merupakan makanan paling sempurna untuk bayi baru lahir, bergizi tinggi, dan kaya antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi yang tidak didapat dari susu formula manapun.
  5. Mensukseskan ASI eksklusif, yaitu memberikan hanya ASI kepada bayi baru lahir tanpa makanan atau minuman apapun dari bayi lahir sampai berusia 6 bulan.

Jadi, sudah tidak ragu kan untuk melakukan IMD? Eh, tapi bagi kamu yang belum memiliki anak, bisa loh menyebarkan informasi penting ini. Lalu, bagaimana cara melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)? Nantikan artikel berikutnya ya!

 

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *