Siapa Bilang Cantik itu Mahal? Yuk, Simak Tips Berikut!

Halo Teman Sehat! Buat kamu para cewek, menjadi cantik bak putri tentunya menjadi salah satu hal yang idamkan. Sayangnya, banyak wanita melakukan segala cara untuk menjadi cantik, mulai dari perawatan murah hingga yang harganya selangit. Jika Teman Sehat tahu caranya, ternyata buat jadi cantik itu ngga harus mahal loh!

Pada dasarnya semua wanita itu cantik. Jadi, yang terpenting bagaimana merawat kecantikan tersebut. Tentu, Teman Sehat setuju kalau cantik ngga cuma dirawat dari luar dengan menggunakan skincare dan produk perawatan kecantikan lainnya. Cantik juga harus dirawat dari dalam tubuh, yaitu dengan lewat makanan bergizi. Yuk, cari tahu cara bikin kamu cantik dari dalam!

1. Makan sumber protein

Protein dengan unsur sederhananya berupa asam amino berperan membentuk struktur kulit. Makanan sumber protein hewani antara lain daging sapi, ayam, ikan, telur, susu dan olahannya.  Ada yang ngga suka ikan? Ikan mengandung asam amino dan omega 3 yang lebih baik dari sumber protein lain. Selain itu, ikan mengandung zat gizi yang banyak termasuk vitamin dan mineral, serta bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Jangan lupa pula sumber protein nabati  seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Zat gizi ini bagus loh buat kecantikanmu!

2. Batasi makan-makanan yang digoreng

Ups, siapa sih yang bisa nolak aneka gorengan yang renyah dan gurih? Lemak sebetulnya juga bermanfaat bagi kulit. Tapi, pilihlah lemak yang tidak jenuh dan mengandung asam lemak esensial (omega 6 dan omega 3). Hindari jajanan gorengan yang umumnya tinggi lemak jenuh dan lemak-trans yang ngga sehat. Teman sehat, bisa memperoleh kebutuhan lemak yang baik untuk kulit dari sumber makanan yang kaya omega 6 dan omega 3 seperti ikan, minyak kanola, alpukat, seafood, minyak ikan, kedelai, minyak jagung, dan lain-lain.

3. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan

Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik buat kulit. Buah dan sayur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 400-600 gram per orang per hari dengan 2/3 bagiannya adalah sayuran. Banyak cara untuk menambah asupan buah dan sayur harian kita yaitu dengan cara dimakan langsung, dibuat jus atau smoothies. Cara-cara itu bisa teman sehat pilih sesuai kebutuhan. Makan atau minum jus sayuran hijau dan buah-buahan setiap hari secara konsisten bisa bermanfaat buat kecantikan kulit kita.

5. Minum air putih yang cukup

Kulit akan terlihat cantik dan lembab bila tubuh terhidrasi dengan baik. Minum segelas air putih setelah bangun tidur bisa menjadi awal hidrasi tubuh yang baik. Air putih bisa Teman Sehat pilih dibandingkan minuman berpemanis yang kurang sehat dan bahkan cukup mahal harganya.

5. Kurangi makanan kemasan dan berpengawet

Kebiasaan sering mengonsumsi makanan berpengawet atau kemasan bisa mengakibatkan kulit menjadi ngga sehat. Makanan kemasan dan berpengawet seperti karbohidrat olahan (roti dan kue), soda dan minuman berpemanis, daging kemasan (sosis, burger beku), margarin bisa mempercepat proses peradangan dalam tubuh, yang secara lanjut berdampak pada munculnya penyakit. Gangguan dalam tubuh kita akan secara langsung mempengaruhi penampilan kulit loh!

Perbaikan pola makan harus harus dilakukan secara konsisten agar kita mendapat manfaat yang diinginkan yaitu cantik yang sehat. Jangan sampai Teman Sehat ikutan cara instan untuk mendapatkan penampilan cantik yang justru punya efek buruk untuk kesehatan. Jika kamu punya tips cantik sehat lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *