Susu Hewan Ini Ngga Kalah Spesial dari Susu Sapi Loh!

Halo Teman Sehat! Kita semua pasti setuju kalau susu adalah hasil produksi hewan ternak yang penting karena nilai gizinya tinggi dan jadi salah satu sumber protein hewani paling baik. Kalau begitu, susu apa yang biasa kalian konsumsi? Hampir semua Teman Sehat pasti menjawab : Ya susu sapi lah!

Sampai saat ini, sumber susu yang paling sering dikonsumsi oleh kita adalah susu sapi kan, Teman Sehat? Padahal, masih ada susu hewan lain yang kandungan gizinya ngga jauh berbeda dengan susu sapi loh. Di beberapa daerah tertentu, ada alternatif susu hewan lain selain sapi, seperti susu domba di daerah pegunungan Alpen atau susu kambing dan unta di daerah Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri, ada kota Sumbawa yang terkenal dengan produksi susu kuda liarnya. Susu kuda dipercaya mempunyai khasiat yang dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit. Benarkah Teman Sehat? Yuk, coba cek!

Keistimewaan susu kuda

Teman Sehat, pernahkah kamu meminum susu kuda? Trus, gimana rasanya Teman Sehat? Yap, kandungan laktosa yang tinggi  pada susu kuda menimbulkan rasa manis.  Sementara itu, kadar lemak dan proteinnya rendah.

Susu kuda Sumbawa mempunyai keistimewaan lain Teman Sehat, yakni mudah diserap tubuh, ngga menggumpal dan mengalami kerusakan protein meski ngga dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet dan juga tahan disimpan pada suhu kamar sampai 5 bulan.

Komponen bioaktif protein susu kuda

Karena dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terdapat banyak penelitian yang dilakukan terhadap komponen bioaktif protein dalam susu kuda liar buat mengujinya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa lisosim dan inhibitor tripsin yang ada pada susu kuda membuat susu ini memiliki aktifitas anti mikroba yang kuat. Lisosim punya aktivitas antibakteri yang efektif terhadap bakteri Escherichia coli sedangkan enzim tripsin (pemecah protein) yang ada dalam usus akan dihambat oleh faktor antitripsin dalam susu kuda sehingga senyawa imun (immunoglobulin pelindung) ngga dipecah oleh tripsin.

Asam lemak susu kuda

Lemak dari susu kuda kebanyakan lemak tak jenuh, seperti asam lemak laurat, kaprat, myristat, palmitat, oleat, linoleat dan linolenat. Asam lemak-asam lemak ini (terutama asam laurat) bisa berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa sehingga bisa membantu perlindungan dari berbagai virus seperti herpes, HIV, protozoa dan bakteri.

susu hewan

Wah, ternyata susu kuda mengandung senyawa-senyawa keren yang mendukung sistem kekebalan tubuh ya, Teman Sehat! Ngga heran kalau susu kuda diyakini masyarakat umum sebagai obat, ya. Hmmm, tapi kayaknya lebih tepat sebagai pembantu pencegah penyakit, ya, daripada penyembuh penyakit? Menurut Teman Sehat sendiri bagaimana? Yuk, komen di kolom komentar.

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *