Tips Aman Berselancar di Dunia Maya buat Si Kecil

Halo Teman Sehat! Teknologi informasi telah merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih cepat dan dinamis. Banyak kalangan remaja, pelajar, bahkan anak-anak yang memanfaatkan kecanggihan tekhnologi ini buat mendapatkan informasi bahkan hiburan. Sayangnya, hal ini udah berdampak negatif ke arah kecanduan. Kurangnya kontrol ketika berinternet, maraknya kasus bullying, mengakses situs-situs yang ngga sesuai usia, serta masalah sosial dan kesehatan merupakan beberapa contoh dampak negatif penggunaan internet yang ngga bijak.

Internet adalah hal yang ngga bisa dilepaskan dari kehidupan kids jaman now. Supaya si kecil tetap terkontrol dan ngga memperoleh dampak negatif penggunaan internet, alangkah baiknya Teman Sehat menerapkan tips-tips berikut!

1. Batasi screen time

Dengan membatasi screen time atau waktu penggunaan gawai pada anak, Teman Sehat bisa memilinimalisir efek kecanduan pada anak. Berbagai ahli menganjurkan screen time ngga lebih dari 2 jam setiap hari untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun. Makin banyak waktu yang dihabiskan anak di dunia maya, makin besar peluang untuk terpapar materi yang ngga sesuai usia atau mengalami perlakuan salah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, screen time yang berlebihan juga bisa membuat si kecil terisolasi dan ngga mau bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

2. Awasi gadget yang digunakan anak

Aktivitas online anak akan lebih mudah diawasi apabila penggunaan komputer dan gadget dilakukan di lingkungan rumah seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Nah, perlu dihindari nih penggunaan gadget di ruang pribadi anak seperti kamar tidur. Penggunaan gadget di dalam kamar bisa mengganggu siklus tidur loh!

3. Telusuri aktivitas anak di dunia maya

Sebagai orang tua, Teman Sehat juga perlu kepo dengan apa yang anak kunjungi di dunia maya. Memonitor situs yang pernah dikunjungi dan memastikan anak ngga mengujungi situs yang tidak sesuai usianya merupakan aturan penting yang perlu Teman Sehat terapkan. Saat ini banyak banget program piranti lunak penyaring (web-filtering) yang bisa membantu orang tua dalam melakukan pemindaian ataupun memblok alamat website yang ngga sesuai untuk anak.

4. Jadilah parents jaman now!

Nah ini yang paling penting Teman Sehat! Orang tua ngga boleh kalah dengan anak dan seharusnya udah lebih mengerti tentang seluk-beluk internet. Akan sulit banget untuk menetapkan peraturan penggunaan internet bila orang tua ngga mengerti apa itu blog, game online, medsos, dan lain sebagainya. Meluangkan waktu untuk melihat situs yang pernah dikunjungi anak dan mempelajarinya ngga ada salahnya loh Teman Sehat!

Di satu sisi internet membawa kemudahan pada berbagai aspek kehidupan manusia, tapi di sisi lainnya internet juga datang dengan berbagai ancaman. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam penggunaan internet terutama lebih mengawasi anak-anak dalam penggunaannya. Teman Sehat punya tips biar anak ngga kecanduan gawai? Yuk, share  dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *