Memangnya Yoghurt Low Fat Beneran Sehat?

Makanan rendah lemak sekarang ini makin digandrungi masyarakat karena dianggap lebih sehat. Salah satu yang paling populer yaitu yoghurt low fat. Penambahan rasa buah-buahan dalam produk tersebut membuatnya makin nikmat dan segar. Apalagi kalau dikonsumsi dalam keadaan dingin, so yummy!

Tapi apa benar yoghurt low fat lebih sehat daripada yoghurt biasa karena kandungan lemaknya lebih rendah? Yuk, cari tahu fakta berikut!

Mengulik kandungan gizi yoghurt low fat

memangnya yoghurt low fat beneran sehat
Foto: Unsplash.com

Rata-rata sajian yoghurt low fat sebanyak 800 gram mengandung 143 kalori, 12 gram protein, 3,5 gram lemak, 513 gram potassium, 415 mg kalsium dan 14 mg kolesterol. Sama seperti jenis yoghurt lainnya, yoghurt rendah lemak juga mengandung probiotik (bakteri baik) yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat gizi tersebut membuat yoghurt rendah lemak cocok dijadikan camilan maupun tambahan dalam membuat makanan atau minuman lainnya.

Yoghurt rendah lemak mengandung banyak gula

yoghurt low fat
Foto: Pixabay.com

Meskipun dikatakan rendah lemak, ternyata sebagian besar yoghurt low fat yang ada di pasarantetap mengandung banyak gula, loh! Kandungan lemak yang sedikit membuat yoghurt low fat biasanya ngga segurih yoghurt biasa. Oleh karena itu, produsen biasanya mensiasati hal tersebut dengan menambahkan lebih banyak gula dalam yoghurt rendah lemak supaya rasanya ngga hambar.

Itulah sebabnya konsumsi yang berlebihan tetap berisiko menyebabkan kelebihan berat badan, obesitas dan diabetes meskipun yang kamu konsumsi merupakan yoghurt rendah lemak.

Jadi, bagaimana Solusinya?

yoghurt low fat
Foto: Pixabay.com

Menikmati yoghurt low fat dingin bercita rasa buah memang asyik, terutama saat cuaca sedang panas. Tapi sebaiknya kamu ngga mengonsumsinya secara berlebih. Solusinya,  kamu bisa mengganti yoghurt rendah lemak dengan yoghurt tawar (plain yoghurt) dan menyantapnya dengan tambahan buah-buahan.

Kandungan lemak alami dalam yoghurt sebenarnya ngga berbahaya bila dikonsumsi dengan porsi yang cukup, loh! Mulai sekarang, jangan sampai Sahabat Sehat mudah terkecoh dengan label low fat pada makanan dan minuman, ya. Amati kandungan gizi makanan pilihan kamu dengan teliti supaya ngga menimbun kalori berlebihan dalam tubuh.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Is Low Fat Yogurt-Healthy? https://healthyeating.sfgate.com/lowfat-yogurt-healthy-4047.html
Diakses pada 20 Juni 2021

Low Fat Foods That Are Actually Bad For You
https://www.healthline.com/nutrition/10-unhealthy-low-fat-foods#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 20 Juni 2021

Yogurt 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/yogurt
Diakses pada 20 Juni 2021

Simak Jenis Yogurt dan Perbedaan Manfaatnya.
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/jenis-yogurt-yang-baik/
Diakses pada: 21 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.