5 Profesi Unik di Bidang Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Tau

pekerja-kesehatan

Halo Teman Sehat! Profesi apa yang berkaitan dengan bidang kesehatan? Yap! Pasti jawabannya ngga akan jauh-jauh dari dokter, perawat, bidan, ahli gizi, dan apoteker.

Tapi ternyata, masih banyak loh profesi unik lain dibidang kesehatan!

Apa aja sih? Yuk, coba simak!

1. Herbalis

Herbalis adalah orang yang memiliki keahlian dalam meracik obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Menurut peraturan menteri, obat tradisional adalah ramuan dengan bahan hewan, tumbuhan, mineral, atau campurannya yang digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan dan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Di Indonesia yang kaya akan budaya ini, setiap daerah mempunyai ramuan khasnya masing-masing dan tentu banyak herbalis-herbalis profesional.

2. Pencicip makanan atau food scientist

Ingin memiliki pekerjaan yang menyenangkan, makan gratis, plus diberi gaji? Nah, ini bisa jadi jawabannya! Yap, pencicip makanan!

Tapi, ngga semudah itu loh Teman Sehat! Seorang food scientist harus memiliki indera perasa yang super peka. Mereka harus bisa mengidentifikasi rasa suatu makanan dengan tepat serta merinci bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Tertarik?

3. Olfactory measurement operator

Pekerjaan unik ini berasal dari Jepang untuk mengendalikan bau busuk yang berasal dari lingkungan dan ternyata ada undang-undangnya tersendiri loh. Orang yang bekerja di bidang ini harus memiliki indera penciuman yang tajam. Mereka bertugas mencari sumber bau busuk berdasarkan laporan masyarakat, memberikan batas ambang bau yang masih bisa diteloransi, serta mengedukasi masyarakat terkait bau. Pekerjaan ini menghasilkan gaji sekitar 270-500 juta pertahun.

4. Dance movement therapist

profesi unik

Pekerjaan ini berkaitan dengan penggunaan tari untuk mengobati masalah emosional, fisik, dan psiko-sosial. Menurut American Dance Therapy Association (ADTA), dance therapy dapat digunakan untuk menanggulangi gangguan seperti parkinson, autisme, alzheimer, gangguan makan (eating disorders), dan lain-lain. Untuk menjadi seorang dance therapy, Teman Sehat harus memiliki gelar master loh.

5. Phlebotomist

therapeutic-phlebotomy

Phlebotomist adalah profesi di bidang medis yang bertugas mengambil darah dari pasien untuk berbagai tes laboratorium. Perawat merupakan salah satu profesi yang bisa melakukan hal ini atau di beberapa rumah sakit mereka akan merekrut staf khusus yang bertugas dalam pengambilan darah. Di beberapa sekolah atau universitas luar negeri, ternyata ada mata pelajaran khusus plebotomi ini loh! Tapi buat Teman Sehat yang takut darah, mungkin harus berpikir ulang untuk mengambil profesi ini.

Itu dia beberapa profesi unik di bidang kesehatan yang mungkin belum kamu tau.

Apakah kamu tertarik mencoba salah satu diantaranya? Atau, adakah profesi unik lainnya di bidang kesehatan? Yuk, share di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *