Awali Hari dengan Hal Ini agar Aktivitasmu Makin Optimal!

Halo, Teman Sehat! Musim liburan panjang gini apa sih yang biasanya kamu lakukan untuk awali hari? Apa menu sarapanmu hari ini? Ups, jangan-jangan Teman Sehat tidak sarapan pagi hari ini. Tau ngga Teman Sehat, ternyata sarapan punya banyak manfaat loh, bahkan Kementerian Kesehatan memasukkan poin “membiasakan sarapan” dalam Pedoman Gizi Seimbang. Hal ini dinilai karena sarapan memiliki pengaruh penting dalam menjaga kesehatan dan efektivitas kegiatan sehari-hari.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, sarapan merupakan kegiatan makan dan minum pagi yang dilakukan sejak bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30%). Sampai jam 9 ya Teman Sehat.

Menu sarapan yang sehat tidak hanya mengandung karbohidrat saja (yang penting kenyang), tetapi mengandung protein, vitamin dan mineral juga. Vitamin dan mineral bisa kita peroleh dari buah dan sayuran ya Teman Sehat. Untuk Teman Sehat yang belum terbiasa sarapan terutama makan pagi dengan nasi, bisa diganti dengan makanan pokok lainnya seperti roti, kentang, mie, ubi, singkong dsb. Teman Sehat bisa memilih telur, ayam, tempe, tahu dan sebagainya sebagai pilihan dari asupan protein. Nah buat kamu penggemar susu seperti susu sapi, susu kedelai, atau yogurt. Boleh banget memilih minuman tersebut untuk memenuhi asupan protein di pagi hari. Selain itu sarapan dapat dikreasikan sesuai dengan bahan makanan yang ada di rumah.

Teman Sehat, mengingat pentingnya sarapan, sejak tahun 2013 setiap tanggal 14 – 20 Februari diperingati sebagai pekan spesial yakni PESAN (Pekan Sarapan Nasional). Nah kenapa sarapan dianggap begitu penting? Yuk simak infonya.

Sarapan menggantikan energi kamu yang hilang selama tidur

Setelah tidur 8-10 jam dan tidak melakukan kegiatan makan dan minum (puasa), pada tubuh seseorang yang normal, kadar gula darah berada pada kisaran yang normal yaitu 80 g/dl. Jika kita tidak melakukan kegiatan makan di pagi hari, terutama makanan yang mengandung karbohidrat maka kadar gula darah akan menurun karena gula dipakai sebagai sumber energi.

Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan aktivitas sehari-hari

Otak mendapat energi terutama dari glukosa. Seperti yang kita tau, otak merupakan organ yang sangat penting untuk menerima informasi, mengolah informasi, menyimpan informasi dan mengeluarkan informasi. Buat Teman Sehat yang masih bersekolah dan kuliah, sarapan pagi sangat dianjurkan sehingga pada saat menerima pelajaran (1-2 jam setelah makan) gula darah naik dan dapat dipakai sebagai sumber energi otak.

Sarapan akan membantu mengontrol berat badan

Bagi Teman Sehat yang berusaha untuk mengurangi berat badan dengan tidak sarapan, adalah hal yang salah ya. Sarapan justru membantu kita mengontrol berat badan. Dengan membiasakan diri melakukan sarapan pagi, kita bisa menghindari makan yang tidak terkontrol (cemilan) sebelum jam makan siang yang akan meningkatkan berat badan. Teman Sehat bisa memilih makanan dengan tinggi serat (sayuran dan buah) saat sarapan untuk mengotimalkan penurunan berat badan.

Nah beberapa hal tadi tentang manfaat sarapan yang selain bisa membantu kamu mengganti energi saat tidur, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan konsentrasi sehingga aktivitasmu makin optimal. Yuk kita mulai membiasakan diri dengan sarapan. Apakah kamu punya pengalaman menarik terkait sarapan? Yuk Share di kolom komentar!

 

Editor & Proofreader: Asiyah Mutmainnah S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *