Vitamin C dari Air Jeruk yang Kita Minum Bisa Rusak? Cek Disini!

Halo Teman Sehat! Biasanya, minuman apa aja sih yang kamu pesan saat makan di tempat makan selain air putih atau teh? Hmm… Air jeruk! Apalagi minum air jeruk hangat saat hujan turun. Rasanya pas banget ya! Tapi, bener ngga sih kalau vitamin C dari air jeruk yang kita minum bisa rusak? Cari tau di sini!

Air jeruk memang jadi pilihan banyak orang setelah makan. Selain menyegarkan, vitamin C dari jeruk normalnya bisa membantu penyerapan mineral zat besi yang dibutuhkan buat pembentukan sel darah merah.

Teman Sehat, setiap orang membutuhkan vitamin C yang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi psikologis, atau banyaknya aktivitas seseorang.

Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, kecukupan vitamin C pada orang dewasa laki-laki cukup 90 mg dan perempuan 75 mg.

Nah, kita bisa nih konsumsi vitamin C dari berbagai bahan makan yang ada di sekitar kita seperti pada buah-buahan dan sayuran. Buah blewah, kiwi, stroberi, lemon, dan jeruk adalah contoh buah yang tinggi vitamin C sedangkan dari sayuran ada brokoli, cabe merah, kembang kol, bayam, tomat, rebung, dan asparagus.

Tapi tetap ingat batasan ya teman sehat! Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit atau malah tidak pernah sama sekali, karena vitamin C banyak sekali manfaatnya.

Lalu, ada “apa” dengan vitamin C dari air jeruk?

Ternyata, kadar vitamin C pada pangan olahan seperti jus juga bisa menurun loh, Teman Sehat!

Kok bisa?

Yap, semakin tinggi suhu pemanasan, kadar vitamin C bisa semakin menurun. Ada pula penelitian lain yang menyatakan bahwa semakin lama pemanasan pada bahan makanan yang mengandung vitamin C, kadar vitamin C nya bisa menurun. Jadi sebaiknya kalau memasak sayuran yang mengandung vitamin C jangan lama-lama ya Teman Sehat, disarankan 2-3 menit saja.

Nah, buat minuman juga sebaiknya dalam bentuk es jeruk atau air jeruk biasa ya Teman Sehat. Air jeruk panas bisa mengalami penurunan atau kehilangan vitamin C  Teman Sehat, jadi cuma dapet rasa jeruknya aja.

Proses pembutannya juga perlu diperhatiin nih, Teman Sehat. Kebanyakan membuat air jeruk adalah dengan cara memasukkan gula, perasan jeruk, air panas supaya gulanya larut, baru dikasih es batu kan ya. Baiknya, kalau mau buat es jeruk yang kaya akan vitamin c adalah dengan memasukkan gula yang sudah dilarutkan terlebih dahulu secara terpisah dan saat udah ngga panas lagi, larutan gula baru dicampur dengan air biasa/es serta perasan jeruk, Teman Sehat!

Gimana Teman Sehat? Jadi, kamu pilih air jeruk panas, air jeruk biasa, atau es jeruk? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini! Semoga bermanfaat

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *