Kenapa Kita Tidak Boleh Melewatkan Setiap Jam makan?

Halo Teman Sehat! Siapa yang jam makannya berantakan atau sering merapel sarapan dengan makan siang? Salah satu Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan dengan Keputusan Nomor 41 Tahun 2014 adalah biasakan makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) bersama keluarga. Makanan yang di konsumsi tubuh untuk menjaga kesehatan adalah makanan yang harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta serat. Nah, pasti Teman Sehat bertanya-tanya!

Kenapa sih waktu makan dibagi menjadi 3?

Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harian tubuh, pemberian makanan disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan. Hal ini dimaksudkan agar ngga memperberat kerja sistem pencernaan kita. Pengaturan makanan dibagi menjadi 3 tahap, yaitu makan pagi, siang dan malam. Kalau kebutuhan energi belum terpenuhi dengan 3 kali makan tersebut, waktu makan bisa ditambah dengan makan selingan di antara waktu makan utama. Tentunya pemilihan jenis makanan selingannya juga harus sehat dan bergizi ya!

Manfaat dari setiap jam makan

Ayo siapa yang sering melewatkan sarapan? Mulai sekarang jangan lagi ya Teman Sehat, karena sarapan berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh, meningkatkan konsentrasi belajar dan sumber tenaga untuk beraktifitas. Jadi, sarapan membantu kita untuk tetap fokus dan bertenaga dalam melakukan aktifitas di pagi hari. Saat bangun tidur selama hampir 7-10 jam tubuh ngga memperoleh makanan apapun, itulah mengapa saat pagi hari kita perlu sarapan untuk mengisi kembali cadangan energi.

  • Makan Siang

Makan siang berfungsi untuk mengisi kembali energi yang udah terpakai saat beraktifitas di pagi hari. Pada umumnya manusia tetap beraktifitas dari pagi hingga malam maka makan siang merupakan upaya menyediakan energi untuk beraktivitas.

  • Makan Malam

Banyak anggapan bahwa melewatkan makan malam merupakan cara yang efektif buat berdiet, padahal makan malam juga penting untuk mempertahankan kesehatan. Mereka beranggapan kalau makan malam cuma akan menumpuk lemak, faktanya saat kita diam atau tidur pun tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan proses vital yang disebut BMR (basal metabolik rate). Energi tersebut digunakan untuk pernafasan, peredaran darah, fungsi ginjal, pankreas dan organ tubuh lainnya. Jadi, makan malam bertujuan untuk menyediakan energi bagi aktivitas organ tubuh. Nah, tapi Teman Sehat perlu mempertimbangkan jenis dan jumlah makanan agar ngga terlalu berlebihan dan malah disimpan sebagai lemak. Selain itu, beri waktu 3 jam setelah makan untuk tidur, karena bagaimanapun juga tidur dalam kondisi perut penuh ngga nyaman dan ngga baik buat kesehatan.

Nah, ternyata setiap waktu makan punya manfaat tersendiri bagi tubuh ya. So, jangan sampai Teman Sehat melewatkan jam-jam makan tersebut. Jika butuh diet dan pengaturan pola makan makan konsultasikanlah dengan para ahli gizi!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *