Mau Lakukan Diet Sehat? Ikuti 4 Tips Ini!

Kamu mau menjaga berat badanmu supaya tetap ideal? Atau malah mau menurunkan berat badan? Atau, justru ingin menambah berat badan? Kamu tertarik buat melakukan diet sehat?

Menjaga berat badan tetap ideal memang suatu hal yang penting dilakukan. Selain menjaga penampilan, berat badan ideal juga akan menghindarkan kamu dari penyakit-penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, hingga kanker, yang biasanya dipicu oleh berat badan lebih.

Ngga sedikit orang yang melakukan diet ekstrem, bahkan sampai menyiksa dirinya demi mendapatkan berat badan yang diinginkan. Bukan berat badan turun dan sehat yang didapatkan, malah bisa menyebabkan sakit. Banyak diet yang beredar dan banyak juga yang diklaim bisa menurunkan berat badan secara cepat. Tapi, itu tergolong diet sehat ngga sih?

Terus gimana cara memilih diet yang benar? Jangan bingung, 4 tips berikut ini akan membantumu memilih diet sehat yang cocok.

1. Sebelum melakukan diet, cari tau dulu secara rinci diet yang ingin kamu pilih

Di zaman modern seperti sekarang, kadang susah membedakan informasi benar atau cuma hoax, termasuk tentang diet. Carilah sumber informasi terpercaya dari buku, majalah, atau website rujukan kesehatan terpercaya buat cari tau lebih jauh tentang diet apa yang ingin kamu pilih. Masih ragu? Jangan sungkan buat menghubungi ahli gizi dan berdiskusi soal diet mana yang cocok buat kamu.

“Katanya, diet ini bisa turunkan berat badan sampai 10 kg dalam sebulan loh!”

2. Eits…. Jangan mudah percaya dulu dengan informasi seperti itu, apalagi yang berbau dengan iklan obat

Memang menggiurkan dengan klaim informasi seperti itu, apalagi jika kamu memang ingin cepat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan ekstrem dalam waktu singkat seperti itu ngga dianjurkan oleh ahli gizi karena bisa membahayakan kesehatan kamu. Apalagi, kalau diet itu dalam praktiknya sangat menyiksa. Bagaimanapun, tubuh tetap membutuhkan zat-zat gizi penting. Jadi sangat ngga dibenarkan melakukan diet ekstrem.

Penurunan berat badan yang dianjurkan dalam diet sehat adalah antara 0.5 hingga 1 kg dalam sebulan.

3. Diet yang baik adalah yang sesuai dengan kondisi tubuhmu,  jangan ragu buat berkonsultasi dengan ahli gizi

Sangat penting buat mengetahui kondisi badan kamu sebelum melakukan diet. Jangan sampai kamu malah sakit setelah melakukan diet. Pilihlah diet yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Diet yang aman adalah tetap makan sesuai waktu makan, tapi ubahlah perbandingan sumber energi, protein, lemak, vitamin mineral dan serat. Nah, jangan ragu buat menghubungi ahli gizi untuk mengonsultasikannya.

4. Diet kamu akan berhasil jika kamu barengi dengan olahraga

Seringkali setelah diet berat badan turun tapi bertahan lama, atau udah diet tapi berat badan ngga turun-turun. Hal ini bisa terjadi karena diet kamu ngga dibarengi olahraga. Dengan olahraga secara rutin, diet menurunkan berat badan akan efektif. Selain bakar lemak, olahraga juga akan membuat tekanan darah kamu normal, jantung sehat, tidur lebih enak, dan lebih bahagia!

Teman sehat, jangan sampai salah pilih diet yang malah membahayakan kesehatanmu ya! Diet dilakukan buat menjadi sehat, jadi pilihlah diet sehat.

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *