5 Sehat 8 Sempurna, Cara Edukasi Gizi Seimbang ala Prof Hardinsyah

Teman Sehat, apakah kamu akrab dengan istilah “4 Sehat 5 Sempurna”? Iya, itu loh, slogan yang diajarkan ke kita sejak SD buat mengonsumsi ‘makanan sehat’. Slogan ini emang legendaris banget karena udah disiarkan sejak tahun 1952 oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo.

Tapi, kamu juga pasti udah tau kalau “4 Sehat 5 Sempurna” udah ngga relevan lagi, seiring dengan perkembangan ilmu gizi dan masalah gizi yang kita hadapi sekarang. Nah, iya bener banget. “Pedoman Gizi Seimbang” (PGS) adalah panduan konsumsi makanan dan perilaku sehat kita sekarang. Tujuan utama dari PGS adalah untuk mengedukasi gizi kepada masyarakat agar ngga mengalami kekurangan dan kelebihan gizi.

Persamaan dan perbedaan “4 Sehat 5 Sempurna” dengan “Pedoman Gizi Seimbang”

Lebih ‘padat’ dibandingkan dengan “4 Sehat 5 Sempurna”, PGS punya 4 pilar, 10 pesan umum, dan pesan khusus buat setiap kelompok umur  yang bisa bikin hidup kamu lebih sehat.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS terdapat beberapa poin persamaan dan perbedaan diantara keduanya.

Persamaan:

  1. Tiga kelompok pangan: pangan pokok, lauk pauk, buah dan sayur
  2. Ada visualisasi panduan harian mengonsumsi pangan

Perbedaan:

  1. Gizi seimbang menambahkan anjuran minum air. Susu termasuk kelompok lauk pauk
  2. Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak
  3. Anjuran aktivitas fisik
  4. Anjuran kebersihan diri (cuci tangan) dan pangan
  5. Pemantauan berat badan dan pertahankan berat badan normal
  6. Visualisasi panduan sekali makan
  7. Anjuran porsi dan proporsi

Komponen Pedoman Gizi Seimbang memang lebih komperhensif dan kompleks dibandingkan dengan “4 Sehat 5 Sempurna”, sehingga ngga jarang ditemukan masyarakat yang masih lebih familiar dengan konsep “4 Sehat 5 Sempurna” dibandingkan dengan PGS.

Oleh karena itu, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor mengusulkan sebuah konsep sederhana agar Pedoman Gizi Seimbang bisa diterima dan diterapkan dengan lebih mudah oleh masyarakat Indonesia.

5 Sehat 8 Sempurna

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS ada minimal 5 poin yang harus dilakukan buat hidup sehat dan 3 hal lagi supaya sehat sempurna. Yap, sehingga konsep ini bernama 5 Sehat 8 Sempurna.

5 Sehat:

  1. Membiasakan konsumsi pangan pokok
  2. Membiasakan konsumsi lauk pauk
  3. Membiasakan konsumsi sayur buah
  4. Minum air yang cukup dan aman
  5. Membatasi gula, garam, dan lemak

8 Sempurna:

  1. Membiasakan aktivitas fisik
  2. Hidup bersih
  3. Cek status gizi dan kesehatan

Prof. Dr. Hardinsyah, MS mengungkapkan bahwa konsep 5 Sehat 8 Sempurna ini merupakan penyempurnaan dari slogan “4 Sehat 5 Sempurna”, sehingga edukasi Pedoman Gizi Seimbang bisa lebih mudah karena adanya nilai yang mirip dengan slogan yang telah mengakar sejak lama. Hal ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan membangun pola pikir yang baru.

Apakah kamu juga setuju kalau 5 Sehat 8 Sempurna bisa lebih mudah diterima masyarakat? Yuk, tulis jawabanmu di kolom komentar!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts