Yuk, Belajar Dampak Vending Machine dari Amerika

Teman Sehat, pasti kamu udah ngga asing lagi kan, dengan mesin penjual makanan dan minuman (vending machine)? Semakin tingginya mobilitas masyarakat, khususnya di daerah perkotaan, menyebabkan makanan dan minuman dibutuhkan secara cepat dan mudah.

Akhir-akhir ini, kamu bisa dengan mudah menemukan vending machine di stasiun kereta, toko swalayan, dan tempat publik lainnya. Tapi tau ngga sih, keberadaan vending machine bisa memengaruhi kesehatan kamu, loh! Yuk simak informasinya di sini!

Vending machine dan kesehatan

Negara berkembang seperti Indonesia, mulai mengikuti perkembangan negara maju seperti Amerika Serikat, dengan menyediakan vending machine di tempat publik. Setiap tahunnya, penjualan makanan dan minuman menggunakan vending machine di Amerika Serikat (AS) menghasilkan 10 milliar dan 24 milliar Dollar AS.

Makanan dan minuman yang dijual di vending machine, cenderung memiliki nilai gizi yang rendah dan nilai kalori, lemak, garam, gula yang tinggi. Keberadaan alat ini, bisa meningkatkan konsumsi makanan yang kurang bergizi, seperti makanan yang tinggi gula dan minuman berkarbonasi. Selain itu, juga menurunkan konsumsi buah pada masyarakat dan meningkatkan kasus karies pada anak sekolah.

Tetap sehat dengan vending machine

Menanggapi hal itu, pemerintah AS akhir-akhir ini, mulai menerapkan kebijakan dan program buat mengajak masyarakatnya membeli makanan sehat dari vending machine. Caranya, dengan menambah jumlah makanan dan minuman sehat, mengganti harga, dan mempromosikan produk yang sehat melalui poster, label mesin, dan stiker.

Cara ini udah terbukti, loh Teman Sehat! Sehingga konsumsi makanan dan minuman sehat mulai meningkat. Selain itu, pihak penyedia vending machine juga ngga akan mengalami kerugian.

Promosi kesehatan

Selain mengelola vending machine, supaya masyarakat menjadi konsumen yang sehat, perlu ada cara lain supaya masyarakat dengan mobilitas tinggi tetap sehat.  Misalnya, di tempat kerja, saat sebagian besar orang menghabiskan waktunya di luar rumah.

Adanya promosi kesehatan dan menciptakan lingkungan yang sehat, bisa mengurangi kecenderungan karyawan buat mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Adanya promosi kesehatan seperti anjuran membawa bekal dari rumah,  bisa mengurangi konsumsi makanana yang kurang sehat, loh.

Teman Sehat, Negara Indonesia, perlu belajar dari Amerika Serikat yang udah lebih dulu menggunakan mengelola vending machine, supaya dampak negatifnya ngga terjadi di Indonesia.

Ingat ya, kamu perlu menjaga pola hidup sehat supaya bisa mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit dan meningkatkan performa kerja, dan mempunyai waktu yang berkualitas bersama teman dan keluarga. Sibuk bukan berarti ngga sehat ya, Teman Sehat!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *