5 Sumber Karbohidrat Alternatif

Halo, Teman Sehat! Kamu pasti familiar kan, dengan sumber karbohidrat yang satu ini? Yap, beras merupakan sumber karbohidrat yang sangat sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Katanya sih, kalau belum makan nasi dari beras, namanya bukan makan, iya ngga? Tapi, ternyata sumber karbohidrat ngga cuma beras aja loh. Ada banyak sumber karbohdirat lain yang ada di Indonesia. Mau tau apa aja? Let’s check it out!

Menurut UU No. 18 th 2012, pangan yang tersedia ngga hanya terfokus pada jenis bahan pangan tertentu seperti beras, tetapi  bahan pangan yang beragam dan bergizi. Nah, karena itu kamu bisa mengonsumsi bahan pangan sumber karbohidrat lain, jika beras sulit kamu temukan. Yuk, simak 5 bahan pangan sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi!

1. Jagung

Jagung merupakan bahan pangan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain beras. Selain dikonsumsi sebagai kudapan, seperti jagung rebus dan jagung bakar, jagung juga merupakan makanan pokok masyarakat di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Madura. Ngga cuma kaya akan karbohidrat loh, jagung juga kaya akan kandungan serat, vitamin A, B, E, dan antioksidan.

Selain itu, jagung juga merupakan makanan pengganti beras yang baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes, kerena memiliki nilai indeks glikemik rendah dan baik bagi kesehatan. Biasanya jagung dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung atau diolah menjadi bubur jagung atau yang dikenal dengan nama jagung bose.

2. Sorgum

Image result for sorghum

Sorgum merupakan bahan pangan yang bisa dijadikan alternatif makanan pokok pengganti beras, loh! Selain kaya akan karbohidrat, sorgum juga kaya akan magnesium dan memiliki kadar gula yang rendah. Rendahnya kadar gula pada  sorgum, menyebabkan bahan pangan ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Biji sorgum bisa diolah menjadi makanan pokok dengan cara dijadikan bubur. Selain itu, biji sorgum juga bisa diolah menjadi tepung sorgum untuk bahan baku roti dan kue.

3. Sagu

Sumber : majalahlaras.com

Sagu merupakan salah satu makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia bagian Timur. Bahan pangan ini merupakan sumber karbohidrat selain beras. Biasanya masyarakat Maluku, Sulawesi Utara, dan Papua mengolah sagu menjadi bubur sagu atau papeda. Papeda lebih enak disajikan bersama lauk ikan kuah kuning  yang akan menambah selera makan kamu.

4. Talas

Image result for talas

Sumber karbohidrat lain yang bisa menggantikan beras adalah talas. Kandungan karbohidrat pada talas mencapai 80%. Selain itu, talas memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras. Kamu bisa mengonsumsi talas dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Selain sebagai sumber energi, talas juga bermanfaat buat menurunkan dan mencegah risiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

5. Singkong

Image result for singkong

Singkong merupakan bahan pangan pengganti beras yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks tinggi dan indeks glikemik rendah. Singkong bisa kamu olah dengan cara dikukus ataupun dipanggang. Selain dikonsumsi sebagai kudapan, singkong juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok dengan tambahan lauk dan sayur.

Saat mengolah singkong, kamu harus hati-hati, karena singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang bisa melepaskan zat sianida dalam tubuh. Karena itu, saat mebersihkan singkong, kamu harus mebersihkannnya hingga benar-benar bersih.

 

Nah, sekarang kamu udah tau kan, ternyata bahan pangan sumber karbohidrat ngga cuma beras aja. Menurut Ir. Agung Hendriadi, M. Eng, yang disampaikan pada diskusi pakar, masih ada sekitar 77 sumber karbohidrat di Indonesia. Jadi, kamu ngga perlu khawatir dan bergantung dengan jenis bahan pangan tertentu.

Yuk, konsumsi sumber karbohidrat dari bahan pangan yang beragam! Agar kamu tau kalau Indonesia kaya akan keanekaragaman bahan pangan!

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STP.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *