Sarapan Dulu atau Olahraga Dulu?

Halo Teman Sehat, sering kali dalam seminar gizi dan hidup sehat di berbagai kantor dan kampus saya ditanya: “Mana yang lebih baik, sarapan dulu atau olahraga dulu dipagi hari?”

Saya sering balik bertanya kepada peserta seminar. Mohon angkat tangan, siapa yang setuju sarapan dulu sebelum olahraga? Kemudian saya tanya pula siapa yang setuju olahraga dulu kemudian sarapan?

Bila tubuh Anda lansing atau ideal sebaiknya sarapan dulu sedikit dan minum air putih sebelum olahraga. Kenapa begitu? Supaya saat Anda olahraga tubuh anda tidak kekurangan gizi sesaat dan tidak menguras energi cadangan dan lemak tubuh Anda, sehingga Anda tidak tambah ceking dan tubuh terasa nyaman. Lanjutkan sarapan setelah olahraga.

Bila anda gemuk dan melakukan olahraga yg ditujukan untuk mengurangi berat badan, maka sebaiknya Anda tidak sarapan sebelum olahraga pagi, cukup minum air putih saja. Sarapanlah setelah olahraga.

Simpanan kelebihan lemak akan dipecah untuk menghasilkan energi saat olahraga pagi dalam kondisi tubuh tidak makan pagi. Pemecahan lemak tubuh akan lebih optimal bila olahraga yang dilakukan dgn intensitas sedang dan tinggi disertai minum air putih yang cukup sebelum olahraga.

Bila Anda mengalami diabetes atau gejala diabetes ada baiknya sarapan dulu sekedarnya sebelum melakukan olahraga.
Bila Anda menghadapi latihan olahraga atau pertandingan olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi maka sarapanlah sebelum latihan atau sebelum bertanding.

Jadi, sarapan dapat dilakukan sebelum atau setelah melakukan olahraga tergantung kondisi tubuh Anda, jenis, intensitas dan tujuan olahraga. Sarapan itu penting baik olah raga atau tidak olahraga di pagi hari.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *