Inilah Perawatan Rambut Mendasar yang Wajib Kamu Ketahui!

Halo Teman Sehat! Menurut kamu, apa sih yang jadi penunjang penampilanmu selama ini? Pasti, rambut jadi salah satunya bukan? Yap, rambut yang sehat dan indah pasti jadi idaman semua orang. Tapi, buat dapetin rambut idaman itu ngga susah loh Teman Sehat! Salah satu caranya adalah dengan perawatan. Nah, mau tau gimana cara merawatnya? Yuk, simak!

Perawatan rambut bisa dimulai dari hal yang simple loh,Teman Sehat. Salah satunya dengan mengetahui apa jenis rambut kamu. Mau tau ada berapa tipe rambut? Check it out.

Apa sih tipe rambutmu?

Tipe rambut ada tiga, yaitu tipe rambut yang normal, berminyak dan kering. Tipe rambut yang normal biasanya punya kulit kepala yang menghasilkan  sebum  atau  minyak dalam jumlah cukup banyak. Minyak ini berguna sebagai pelumas rambut sehingga rambut terasa lembut, halus, bercahaya, dan gampang ditata.

Berbeda halnya dengan tipe rambut kering. Rambut tipe ini biasanya terlihat gersang  dan kaku, Teman Sehat. Warna rambut pirang/kemerahan, rambut tipis,  rapuh dengan ujung berbelah biasanya jadi ciri rambut yang kering ini.

Sebaliknya, tipe rambut berminyak ini cenderung terlihat basah, lepek, dan elastis karena minyak yang dihasilkan juga banyak. Nah, dari ketiga jenis tipe rambut di atas, kira-kira, tipe rambut apa yang kamu punya, Teman Sehat?

Setelah kamu tau apa tipe rambutmu, yuk, rawat rambut kamu mulai dari hal yang mendasar berikut ini!

Inilah perawatan rambut mendasar yang wajib kamu ketahui!

Yap, setelah kamu tau jenis rambut apa yang kamu miliki, langkah selanjutnya buat merawat rambut adalah memilih berbagai kosmetik dasar yang sesuai dengan tipe rambut kamu, Teman Sehat. Kosmetik rambut bisa berupa shampo, conditioner, dan hair tonic.

Setiap kali kita mau merawat rambut pasti ngga terlepas dari yang namanya shampo. Shampo berguna buat membersihkan kulit kepala dan  rambut  dari  berbagai  kotoran  yang melekat setelah beraktifitas. Penggunaan shampo buat rambut kering dan berminyak berbeda loh Teman Sehat! Biasanya, rambut berminyak dianjurkan buat menggunakan shampo anti ketombe.

Selain shampo, kamu juga bisa gunakan pelembut, Teman Sehat! Pelembut  (conditioner) ini biasanya dipakai setelah rambut dicuci bersih. Pemakaian pelembut berguna buat menurunkan kekusutan rambut, sehingga rambut jadi gampang disisir dan ditata.

Kosmetika rambut lain yang sering digunakan adalah hair  tonic. Hair tonic juga digunakan setelah rambut dicuci bersih, Teman Sehat! Cara penggunaannya, kamu bisa teteskan hair tonic pada kulit kepala, lalu dipijit-pijit agar cairan meresap dan merata. Penggunaannya bisa bantu merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan rambut, dan menghilangkan ketombe, loh Teman Sehat!

Itulah beberapa hal mendasar yang penting kamu ketahui saat merawat rambut, Teman Sehat! Ketahui tipe rambutmu dan lakukan perawatan yang sesuai, ya Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *