Kulit Kamu Kusam? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Buat sebagian besar orang, terutama perempuan, kesehatan kulit adalah hal yang wajib diperhatikan. Kulit kusam pasti akan terasa sangat mengganggu dan membuat percaya diri menurun. Nah, sebenernya apa sih penyebab kulit kusam? Cek 5 poin ini yuk, Teman Sehat!

1. Kurang cairan (dehidrasi)

Seringkali kita ngga sadar kalau tubuh sedang kekurangan cairan. Kurang cairan alias dehidrasi ternyata ngga cuma mempengaruhi kerja sistem tubuh, tapi juga akan menyebabkan kulit kamu ikutan dehdrasi. Kulit yang dehidrasi akan terlihat kering bahkan sampai pecah-pecah, memerah, ngga elastis dan terlihat kerut-kerut halus. Kulit yang seperti ini pasti akan sangat mengganggu penampilan kamu. So, penuhi kebutuhan cairan harian kamu ya Teman Sehat!

2. Stres

Deadline pekerjaan yang menumpuk, masalah dengan orang lain atau bahkan diputusin pacar tentu akan membuatmu merasa tertekan yang mengakibatkan stres. Ngga cuma akan mempengaruhi kesehatan kamu, stres juga akan mempengaruhi penampilan kulitmu, Teman Sehat. Meningkatnya kadar kortisol saat kamu stres akan menyebabkan aliran darah terpusat pada sejumlah organ vital tubuh, sehingga akan mengurangi aliran darah ke area yang terlihat, seperti wajah. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan kulit terlihat kusam. Menenangkan pikiran dan mencoba rileks bisa menjadi solusinya.

3. Kurang antioksidan dan zat besi

Selain berfungsi buat memerangi radikal bebas dalam tubuh, antioksidan ternyata juga bisa membuat kulitmu makin sehat loh. Antioksidan akan membantu meremajakan kulit dan membuat kuilt terlihat lebih cerah dan muda. Selain itu, zat besi juga ngga kalah penting. Zat besi bertugas buat memfungsikan antioksidan dan juga bantu mengaktifkan vitamin dalam kelompok B kompleks. Hal ini juga bermanfaat buat mempertahankan kesehatan kulit. Antioksidan banyak terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Zat besi juga banyak terkandung dalam sayuran hijau dan juga daging merah. Konsumsi pangan ini akan memenuhi kebutuhan antioksidan dan zat besimu.

4. Kulit mati yang menumpuk

Clinical Professor dari Yale School of Medicine, Mona Gohara, mengatakan bahwa setiap harinya ada jutaan sel kulit mati pada wajah. Kalau hal ini dibiarkan tanpa melakukann usaha buat membersihkan lapisan kulit mati yang ada, maka akan membuat kulit kusam.

5. Paparan sinar matahari

Pasti kamu udah tau tentang ini dengan yang satu ini. Sinar matahari, terutama yang mengandung ultraviolet akan menyebabkan kulit kamu rusak dan kusam. Hal ini disebabkan hiperpigmentasi karena sinar matahari. Makanya, jangan lupa pakai sunscreen ya, apalagi kalau kamu keluar rumah diatas jam 10 pagi.

Apakah kamu punya tips lain buat jaga kesehatan kulit? Share yuk di kolom komentar!

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *