Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Memilih produk skincare sesuai dengan kondisi kulit memang ngga mudah, sebab ada prinsip “cocok-cocokan”, terutama bagi Sahabat Sehat yang punya kulit sensitif. Jika punya kulit sensitif, kesalahan dalam memilih produk skincare bisa menyebabkan iritasi atau bahkan alergi.

Saat ini sudah banyak sekali produk skincare yang menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif. Sebelum memutuskan, ada baiknya kamu cari tahu dulu panduan memilih skincare untuk kulit sensitif  berikut ini!

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif
Foto: Freepik.com

Perhatikan ingredien

Sahabat Sehat yang punya kulit sensitif wajib untuk cari tahu terlebih dahulu bahan apa saja yang bisa menyebabkan kulit kamu menjadi iritasi. Sebab, setiap orang memiliki pemicu yang berbeda-beda.

Jika kamu ingin membeli produk skincare, perhatikanlah ingredien  yang tertera pada label kemasan. Hindari memilih produk yang mengandung bahan yang bisa memicu kulit iritasi seperti retinoid atau lainnya.

Tes skincare terlebih dahulu

Sebelum memakainya di wajah, ada baiknya kamu melakukan tes sensitivitas untuk mengetahui bagaimana reaksi kulit ketika memakai produk skincare tersebut. Caranya dengan mencoba mengoleskan sedikit produk pada bagian belakang telinga, lengan, atau siku. Supaya lebih efektif, ulangi langkah ini selama kurang lebih 3 hari. Apabila ngga ditemukan reaksi apapun, maka produk skincare aman untuk diaplikasikan ke wajah.

Pilih produk tanpa alkohol dan  fragrance

Pemilik kulit sensitif disarankan untuk memilih produk yang bebas alkohol dan fragrance. Kedua bahan tersebut memang umum digunakan dalam produk skincare dan biasanya ngga menimbulkan masalah, tapi jika kamu punya kulit sensitif kedua kandungan tersebut bisa memicu iritasi pada kulit wajah.

tips memilih skincare
Foto: Freepik.com

Pilih juga produk pembersih wajah dengan formula gentle tanpa alkohol atau fragrance. Pembersih wajah gentle juga diformulasikan dengan kandungan yang sudah teruji secara dermatologis sehingga aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif sekalipun.

Selalu pakai sunscreen

Pastikan untuk ngga lupa menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai sebelum memulai aktivitas. Sunscreen akan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan membantu mencegah gejala alergi atau ruam yang mungkin terjadi ketika kulit terpapar sinar matahari.

Nah, Sahabat Sehat jangan lupa untuk mengaplikasikan tips di atas, supaya kulit terhindar dari iritasi dan alergi saat mencoba produk skincare baru. Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

NCBI. 2017. Sensitive skin: review of an ascending concept. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5595600/

Mahoney Dermatology. 5 Important Reason to Wear Sunscreen Daily. https://mahoneydermatology.com/5-important-reasons-to-wear-sunscreen-daily/

Healthline. 2018. Sensitive Skin: 10 Causes, Treatments, and More. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.