3 Manfaat Sinar Ultraviolet yang Mungkin Belum Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Sinar ultraviolet atau yang akrab kita sebut sinar UV adalah sinar tak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Faktanya, radiasi sinar ultraviolet ngga terlihat oleh manusia karena rentang panjang gelombang yang berada di luar batas persepsi manusia.

Sinar UV

Bagi sebagian besar orang, radiasi UV adalah satu hal penting yang harus dihindari. Hal ini disebabkan oleh berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa sinar UV dapat membuat kulit terbakar dan beberapa bentuk kanker kulit. Alhasil, banyak produk kecantikan maupun kesehatan mulai berlomba-lomba mengeluarkan produk berupa tabir surya dengan kadar SPF tertentu.

SPF itu apa ya? Yap, SPF (sun protection factor) merupakan sunblock yang mempunyai kemampuan untuk menahan sinar UV.

cari tau tentang SPF lebih lengkap disini

Tapi, yang perlu kamu tau, ternyata radiasi UV tidak selamanya berbahaya loh! Selama kita mampu menggunakannya dengan tepat, sinar UV justru dapat membuatmu lebih sehat. Nah loh, kok bisa? Berikut ini beberapa manfaat sinar UV yang mungkin belum kamu tau sebelumnya.

1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Sinar UV yang berasal dari radiasi matahari pada waktu-waktu tertentu ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan mental dan kebugaran tubuh. Hal ini terjadi karena efek cahaya terang dan rasa hangat dari sinar itu.

2. Merangsang kulit untuk memproduksi Vitamin D

Teman Sehat, selain berpengaruh positif bagi kebugaran dan kesehatan mental, radiasi UV mampu merangsang kulit untuk memproduksi Vitamin D loh. Faktanya, Vitamin jenis ini sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi jaringan tulang. Bahkan, bersama-sama dengan kalsium, vitamin D akan membantu mengokohkan tulang kamu. Kekurangan vitamin D membuat tulangmu jadi mengecil dan melemah.

3. Mencegah beberapa jenis kanker

Penemuan baru menyebutkan bahwa sinar UV dalam tingkat sedang tidak memicu terjadinya kanker kulit, tapi justru sebaliknya, dalam tingkatan sedang, paparan sinar tersebut dapat membantu mencegah beberapa tipe kanker, khususnya kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat.

4. Kulit eksotis yang mengagumkan

Sinar Ultraviolet

Taukah kamu berapa banyak orang berjemur di tepi pantai untuk sekadar mendapatkan kulit eksotis? Berapa banyak turis asing berburu pantai di Indonesia untuk sekadar memanjakan kulit mereka? Teman sehat, efek kulit kecoklatan adalah manfaat yang kebanyakan dicari orang dengan cara berjemur. Efek ini muncul dari sinar UV A yang merangsang melanosit pada kulit untuk memproduksi lebih banyak pigmen coklat melanin. Peningkatan jumlah melanin akan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan dapat menghadapi paparan sinar matahari di tingkat yang lebih tinggi.

Bagaimanapun juga, sinar ultraviolet dapat memiliki dampak buruk bagi diri kita sendiri. Dengan memanfaatkan secara optimal pada kadar tertentu, kamu akan merasakan efek positifnya. Tipsnya, ayo terpapar sinar matahari pagi sebelum pukul 9! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *