4 Fakta Tentang Jus Kemasan yang Harus Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Kesibukan yang super, kadang membuat kita lupa buat mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Akibatnya, kita semakin sering buat makan dan minum yang instan-instan, termasuk jus kemasan.

jus kemasan

Kalau jus buah segar, mungkin memiliki kandungan zat gizi yang hampir serupa dengan buah sesungguhnya. Tapi, bagaimana dengan jus kemasan? Kali ini kita bahas beberapa hal tentang itu yuk, Teman Sehat!

1. Punya kandungan gula tersembunyi

Jus buah dalam kemasan mengandung gula tersembunyi. Selain dari gula tambahan, gula tersebut juga bisa berasal dari perasa buah-buahan yang berfungsi buat menguatkan rasa di dalam jus tersebut. Ngga selamanya perasa buatan itu berbahaya sih, tetapi dalam takaran yang berlebihan ngga baik juga loh. Salah satu produk jus kemasan di Indonesia punya kandungan gula 22 gram dalam 350 ml kemasannya. Padahal, anjuran World Health Organization menganjurkan batasan maksimal 25 gram tambahan gula per hari buat menghindari diabetes. Tuh kan, tinggi gulanya!

2. Mengandung sedikit zat gizi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Human Nutrition Research Unit Medical Research Council di Cambridge mengatakan bahwa jus kemasan hanya mengandung sedikit zat gizi dan mudah diserap oleh tubuh karena kebanyakan hanya mengandung air di dalamnya. Dengan harga yang lumayan lebih mahal dari jus alami, ternyata zat gizinya jauh lebih sedikit. Sayang sekali kan?

3. Bisa gganggu program diet

Buat kamu yang sedang menjalani program diet, sebaiknya hindari buat mengonsumsi jus buah di dalam kemasan. Kenapa? Jus jenis ini hanya mengandung banyak gula dan malah bisa meningkatkan nafsu makan kamu.

4. Berbahaya buat kesehatan anak-anak

Sebuah penelitian di Inggris mengemukakan bahwa jus kemasan dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi anak-anak. Tingginya kandungan gula dalam jus kemasan bisa memicu risiko diabetes dini. Tapi sedihnya, banyak orang tua yang memberikan anak-anaknya minuman kemasan seperti jus ini.

Menjadi sibuk bukan berarti mengabaikan kesehatanmu kan? Apalagi soal menjaga pola makan yang sehat. Ayo ganti kebiasaan mengonsumsi jus kemasan dengan jus alami dari buah sesungguhnya! Jika kamu tetap ingin mengonsumsi jus buah dalam kemasan, jangan lupa perhatikan label pangannya dan perhatikan juga tabel informasi nilai gizinya ya Teman Sehat. (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *