Tips Memilih Ikan Segar

Teman Sehat, ikan merupakan salah satu sumberdaya hayati yang memiliki potensi pengembangan besar terutama di Indonesia. Ikan segar menyimpan segudang zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi, jika kamu mengonsumsi ikan dengan keadaan yang ngga segar, maka kandungan zat gizinya menjadi ngga optimal.

Ikan yang ngga segar, akan menyebabkan bakteri jahat mudah untuk tumbuh. Bakteri ini, bisa mencemari makanan sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan, bahkan hingga keracunan makanan. Lalu gima ya, tips memilih ikan yang segar? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Amatilah kulit dan sisiknya

Tips pertama yang paling mudah dilakukan saat memilih ikan segar adalah dengan mengamati warna kulit dan sisiknya. Ciri kulit ikan segar yaitu tampak mengilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan ngga mudah lepas saat ditarik. Sementara itu, ikan yang sudah ngga segar, memiliki kulit dan sisik yang tampak kusam. Saat dipegang, sisiknya juga mudah terlepas.2.

2. Insang juga penting, loh!

Tips selanjutnya adalah melihat warna insang. Yap, angkatlah penutup insang pada sisi kepala ikan. Ikan yang baru ditangkap memiliki insang berwarna merah yang tampak bersih dan segar. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitanya. Insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain menandakan bahwa kualitas ikan telah menurun.

3. Mata adalah salah satu indikator

Tips ke tiga yaitu, amatilah mata pada ikan. Mata ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Permukaan matanya pun terasa menonjol dan kenyal saat diraba. Sebaliknya, mata ikan yang yang sudah ngga segar tampak mengerut dan keruh. Bagian mata yang seharusnya berwarna putih kekuningan juga berubah warna menjadi kemerahan.

4. Amati juga warna daging ikan

Tips keempat yaitu, amatilah warna dagingnya. Daging ikan yang segar tampak jernih dengan warna yang cerah. Beberapa jenis ikan memiliki warna daging putih terang, tapi ada pula jenis ikan yang memiliki warna berbeda. Pastikan bahwa warnanya cerah dan ngga kusam.

Ikan segar memiliki tekstur yang lembut, tapi cukup kenyal sehingga bisa kembali ke bentuk semulanya setelah ditekan. Seluruh dagingnya juga menempel kuat pada tulang. Berbeda dengan ikan segar, daging ikan yang ngga segar cenderung berwarna kusam. Teksturnya pun berubah menjadi lebih lunak.

5. Aroma ikan

Ikan segar memiliki aroma khas yang segar dan ringan. Aroma yang keluar dari ikan segar ngga mengganggu penciuman ataupun terasa aneh. Sebaliknya, bau amis yang menyengat menandakan bahwa ikan sudah ngga segar. Hal ini bisa disebabkan karena ikan tersebut juga telah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang dan mulai mengalami pembusukan.

6. Perhatikanlah perutnya

Tips terakhir saat memilih ikan segar adalah dengan menekan bagian perutnya. Perut ikan yang segar terasa kenyal saat ditekan dan dapat kembali ke bentuknya semula. Sementara itu, ikan yang ngga segar memiliki tekstur perut yang lunak. Isi perutnya juga bisa terburai dengan mudah saat kamu menekannya.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memilih ikan. Selain bermanfaat untuk menjaga agar kualitas ikan tetap optimal, mengetahui cara memilih ikan yang segar juga bisa mengurangi risiko kontaminasi saat mengonsumsi makanan, loh! Yuk, terapkan 6 tips ini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *