5 Alasan Keren Kenapa Kamu Harus Coba Jadi Relawan!

jadi relawan

Halo Teman Sehat! Salah satu kegiatan yang dapat membuat hidup kamu jadi produktif dan lebih bermakna adalah dengan jadi relawan alias volunteer loh!

Kamu bisa coba jadi relawan di berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah, hingga kegiatan kemanusiaan, seperti peduli bencana alam. Banyak banget yang akan kamu dapatkan dari melakukan volunteerism ini! Yuk simak 5 manfaat yang akan kamu peroleh dengan menjadi relawan.

1. Pergaulan makin luas

 

Pergaulan para relawan meluas karena berkesempatan mengenal banyak orang dari banyak tempat, seiring dengan berjalannya kegiatan itu. Kalau kamu ingin jadi relawan, biasanya ngga susah kok caranya. Organisasi atau instansi yang bertujuan merekrut relawan ngga akan memberikan syarat yang sulit. Inilah kesempatanmu untuk membantu tanpa mengharapkan imbalan apapun, berkenalan dengan orang-orang baru yang berbeda-beda tempat asal dan sifatnya.

2. Pengalaman baru yang mengesankan

Pengalaman menjadi relawan akan jadi kenangan yang mengesankan dalam hidupmu. Kamu bisa merasakan dari sudut pandang yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Ketika jadi relawan, sebenarnya kalian akan tau bagaimana situasi sesungguhnya yang terjadi di lapangan. Pengalaman ini pastilah akan membuatmu semakin menghargai hidup. Menjadi relawan akan menjadikanmu pribadi yang lebih paham situasi lapangan, cakap dan tanggap menghadapi situasi darurat serta tidak mudah menyalahkan keadaan.

volunter_1

3. Kesempatan untuk mengasah sifat baikmu

Ketika jadi relawan, kamu harus siap untuk segala keterbatasan yang ada. Coba bayangkan kalau kamu terlibat dalam kegiatan peduli bencana, maka kapasitasmu sebagai seorang relawan akan diuji di sana, bahkan untuk hal-hal kecil seperti bercerita, memasak, maupun bermain dan menghibur para korban bencana. Rasa tanggung jawab, empati, dan banyak sifat baik lainnya akan meningkat dengan mengikuti kegiatan volunteerism.

4. Banyak kesempatan lain yang mungkin didapatkan

Wah, Teman Sehat jangan salah loh, ketika menjadi relawan bisa jadi akan ada project atau pekerjaan lainnya di masa depan. Networking yang kamu dapatkan semasa menjadi relawan bisa jadi sarana untuk mendapatkan kesempatan lainnya. Selain itu, orang yang telah berpengalaman menjadi relawan, biasanya mendapat nilai plus di CV yang bisa diperhitungkan saat melamar pekerjaan. Selain telah mendapatkan pengalaman kemanusiaan, ketulusan dan jiwa kepemimpinan juga dianggap menjadi salah satu poin tambahan saat mencari pekerjaan.

5. Makin bahagia dan sehat!

Taukah kamu? Ngga jarang pengalaman jadi relawan untuk pertama kali akan membuat kamu jatuh cinta dan terus mengikuti kegiatan volunteerism lainnya sebagai hobi. Walaupun kamu ngga dibayar dalam melakukan kegiatan ini, kamu akan merasa sangat bahagia. Terkadang, kebahagiaan itu bisa diperoleh dengan berbagi dan menolong satu sama lain. Kalau kamu bahagia, kamu bisa makin sehat!

Poin penting yang wajib kamu ingat, bahwa relawan ngga dibayar bukan karena ngga berharga, tapi karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan cuma sejumlah uang.

volunter_2

Selamat Hari Relawan Sedunia, Teman Sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *