5 Langkah Sederhana untuk Menjamin Ketahanan Pangan

Halo Teman Sehat? Pernah kebayang ngga kalau ternyata aksi sederhana yang kamu lakukan secara konsisten bisa menyelamatkan bumi? Salah satunya terkait pangan. Teman Sehat pasti sering dinesehati untuk mengambil makan secukupnya dan ngga menyisakan makanan. Tahu ngga sih kenapa memperhatikan masalah pangan begitu penting?

PBB memperkirakan tahun 2050 populasi manusia di dunia akan bertambah menjadi 9 milyar. Bayangkan! Berapa jumlah makanan yang dibutuhkan pada tahun itu.

8 % petani Indonesia berusia di atas 45 tahun, 26 % berusia 35-44 tahun dan sekitar 12 % berusia kurang dari 35 tahun. Makan apa kita nanti jika petani tidak ada?

Jumlah makanan yang terbuang jika dikumpulin ternyata bisa digunakan untuk makan orang-orang kelaparan.

4000 hektar sawah di Indonesia berganti menjadi pemukiman, hotel, perkebunan sawit dan lainnya. Tentunya teman sehat pernah melihat sawah yang dulu menghijau berubah menjadi bangunan lain.

Teman Sehat ngga mau kan kalau harus hidup dalam krisis pangan dan kelaparan? Apalagi, kita perlu untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Nah, berikut adalah kebiasaan sederhana yang bisa Teman Sehat lakukan!

1. Habiskan makanan di piring

Istilah ngetrend-nya adalah food waste atau mengurangi makanan sisa. Jika porsi makan Teman Sehat memang sedikit, maka ambil lah secukupnya. Tentu saja, dengan melakukan hal ini kamu akan lebih menghargai pangan kini dan nanti. Coba banyangkan berapa banyak makanan yang udah Teman Sehat buang sebulan terakhir!

2. Variasikan makanan yang dikonsumsi

Saat ini kebanyakan masyarakat mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Coba bayangin kalau produksi beras menurun bahkan menghilang sama sekali! Nah, mulai sekarang mulailah makan makanan yang bervariasi. Setidaknya lidah kita akan beradaptasi dengan makanan baru nantinya. Tak ada beras, masih ada singkong, tak ada singkong masih ada jawawut dan barley. Jadi, jangan ketergantungan pada satu produk ya guys!

3. Lindungi sumber daya alam yang ada di sekitar

Hutan identik dengan pohon yang menyerap air sehingga ketersediaan air bergantung pada hutan itu sendiri. Melindungi hutan sejatinya melindungi nasib manusia di masa depan. Simpel kan?

4. Ajak anak kecil mencintai alam

Teman sehat pasti tahu kalau anak kecil cenderung mencontoh tingkah-laku orang di sekitarnya. Mengenalkan makanan sejak dini dan proses produksinya bisa loh jadi media untuk mendidik anak menghargai pangan. Sederhana aja, coba ajak anak-anak menanam sayuran di pekarangan ataupun sekedar berbelanja di pasar.

5. Berkebun sederhana sesuai hobi

Ada banyak cara untuk menghasilkan makanan. Berkebun, memancing, melihara ternak seperti ikan dan ayam bisa dijadikan pilihan. Dengan melakukan salah satunya setidaknya satu kebutuhan Teman Sehat bisa terpenuhi, apalagi di tengah isu naiknya harga kebutuhan pokok.

Simpel kan Teman Sehat? Yuk, mulai lakukan kebiasaan kecil di atas mulai dari sekarang! Satu langkahmu akan bermanfaat untuk dunia yang lebih baik.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *