Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Sebelum Mengonsumsi Suplemen

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang dikit-dikit mengonsumsi suplemen? Belakangan ini gencar dipromosikan bermacam-macam suplemen kesehatan yang konon berkhasiat menurunkan lemak dan kolesterol, mencegah kanker, meningkatkan energi, memperkuat kekebalan tubuh, menajamkan ingatan dan lagi sebagainya. Tapi, benarkah tubuh kita memang perlu mengonsumsi suplemen tersebut?

Apa itu suplemen?

Suplemen kesehatan adalah produk yang mengandung satu jenis atau lebih zat gizi seperti vitamin, mineral dan asam-asam amino. Ingat ya Teman Sehat suplemen adalah zat tambahan, bukan pengganti zat gizi ataupun obat. Ngga ada satupun suplemen yang bisa menggantikan khasiat dan keaslian zat-zat gizi yang berasal dari makanan alami. Jadi, jangan lekas percaya pada promosi yag menyatakan suplemen tertentu bisa menyembuhkan penyakit.

Baca juga : Yuk, Cerdas Pilih Suplemen Vitamin C

 

Perlukah mengonsumsi suplemen?

Apabila tubuh kamu sehat, pola makan selalu baik, tidur cukup, tinggal di lingkungan bebas polusi, dan mampu mengelola stress, maka Teman Sehat ngga membutuhkan suplemen apapun. Suplemen hanya bermanfaat jika dikonsumsi secara tepat. Sebaik apa pun kualitas suplemen yang dikonsumsi, jika tubuh ngga membutuhkannya maka tambahan suplemen hanya akan meracuni organ-organ vital dalam tubuh.

Di zaman modern seperti sekarang, agaknya tidak mudah untuk bebas sama sekali dari efek-efek yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Banyak faktor yang bisa menurunkan kualitas penyerapan gizi seperti polusi, stress berkepanjangan, sakit keras, pasca operasi besar, menjalani diet ketat, kecanduan rokok, minuman keras dan narkotika. Dengan kondisi seperti itu, konsumsi suplemen memang perlu dipertimbangkan.

Baca juga : 4 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Ngga Sehat

Wanita hamil dan menyusui, wanita yang mengalami menopause, pengikut vegetarian ketat, termasuk kelompok yang memerlukan suplemen gizi.

Tips singkat mengonsumsi suplemen

  1. Suplemen Vitamin B, Vitamin C dan mineral yang larut dalam air akan lebih mudah diserap jika dikonsumsi bersama makanan atau segera sesudah makan. Sedangkan vitamin A dan E yang larut dalam lemak lebih baik jika dikonsumsi tersendiri pada saat perut kosong dan bersama makanan yag mengandung lemak.
  2. Bagi yang mengalami lesu kronis atau justru sulit tidur dianjurkan menkonsumsi Vitamin B pada pagi dan siang hari. Sedangkan mineral seperti kalsium dan magnesium diminum pada sore hari atau malam sebelum tidur. Vitamin B cenderung merangsang otot dan sistem saraf, sedangkan mineral cenderung menenangkan dan menstabilkan.
  3. Jika kamu biasa mengonsumsi bemacam-macam suplemen, coba jumlahkan semua takaran masing-masing unsur nutrisi pada setiap sulmen dan coba pertimbangan jika bisa kamu dapatkan dari makanan sehari-hari.

Nah, gimana Teman Sehat? Jadi, harus lebih bijak ya dalam mengonsumsi suplemen. Yuk, share tips hidup sehat kamu dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *