Susu bagi Tumbuh Kembang Anak

Halo, Teman Sehat! Tahukah kamu kalau setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional? Sebagai minuman yang kaya zat gizi, peran susu tidak terlepas dari tumbuh kembang anak. Sejak anak dilahirkan hingga remaja maupun dewasa, ASI hingga berbagai jenis susu merupakan sumber zat gizi yang memainkan berbagai peranan penting bagi tubuh. Yuk, kita bahas lebih banyak seputar susu!

Apa kandungan susu?

Susu pada dasarnya adalah cairan putih yang diproduksi dari kelenjar susu mamalia. Susu juga dianggap sebagai bahan pangan yang baik karena mengandung banyak zat gizi. Secara umum, susu mengandung karbohidrat (laktosa), protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumbernya dari mana aja?

Sumber susu dapat bervariasi. Susu ngga cuma berasal dari hewani loh, tetapi juga nabati. Perbedaan sumber susu juga menyebabkan perbedaan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

1. Air Susu Ibu (ASI)

ASI merupakan sumber zat gizi terbaik dan terlengkap yang dibutuhkan seorang bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Pada ASI, terkandung berbagai nutrisi khusus seperti taurin, laktosa, Arachidonic Acid (AA), Docosahexanoic Acid (DHA), omega-3, omega-6, kolin, dan triptofan. Semua nutrisi tersebut menjadi penting karena berperan dalam perkembangan sel otak dan saraf anak. Bahkan, nutrisi tersebut termasuk dalam nutrisi esensial yang ngga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga ASI adalah sumber utama untuk kebtuuhan tumbuh kembang anak.

2. Susu Sapi

Setelah anak ngga sepenuhnya bergantung pada ASI, maka ia dapat memperoleh susu dari sumber lainnya, yang populer adalah susu sapi. Kandungan nutrisi dalam susu sapi antara lain protein, lemak, laktosa, kalsium, dan fosfor. Bahkan, ngga jarang susu sapi dalam bentuk susu formula sudah ditambahkan zat gizi tertentu sesuai kebutuhab si anak, misalnya susu penembah tinggi badan, susu penggemuk, susu penambah nafsu makan, dan lain sebagainya.

3. Susu Kambing

Meskipun kurang lazin untuk menjadi sumber zat gizi bagi anak, susu kambing perlu dipertimbangkan. Susu kambing mengandung total protein, kasein, lemak susu, mineral, dan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Di sisi lain, susu kambing mengandung kadar laktosa lebih rendah daripada susu sapi sehingga baik bagi penderita laktosa intolerans. Selain itu, susu kambing ngga mengandung aglutinin sehingga lebih mudah dicerna.

4. Susu Kedelai

Susu jenis nabati ini terbuat dari ekstrak biji kedelai yang berprotein tinggi. Kandungan nutrisi dalam susu kedelai antara lain lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, provitamin A, vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Protein pada susu kedelai juga memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga sering digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi protein hewani. Selain susu kedelai, ada juga susu almond, susu kacang mete, dan susu-susu dari sumber nabati lainnya.

Nah, itulah jenis-jenis susu dan kandungan nutrisinya yang penting bagi tumbuh kembang anak. Teman Sehat harus bijak memilih susu terbaik dan yang tepat, sehingga dengan meminum susu tersebut anak bisa lebih sehat dan menunjang tumbuh kembang optimalnya.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *