Kulit Kering karena Sering Cuci Tangan? Yuk, atasi dengan ini!

Halo, Teman Sehat! Saat virus COVID-19 sedang mewabah, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 sampai 30 detik merupakan langkah efektif untuk mencegah penularannya. Tapi, sayangnya, mencuci tangan terlalu sering juga meningkatkan risiko kulit kering dan membuat kamu merasa ngga nyaman.

Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk berhenti mencuci tangan, ya! Ada cara lain yang bisa kamu lakukan agar kulit tangan tetap lembap. Mau tahu gimana caranya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Gunakan hand cream

Tahukah kamu, kulit kering karena seringnya mencuci tangan bisa diatasi dengan baik, loh. Kamu bisa mengoleskan hand cream atau krim pelembap khusus tangan sesaat setelah mencuci tangan.

Krim pelembap ini, akan meningkatkan kadar air pada lapisan kulit, mengembalikan fungsi bagian kulit terluar (epidermis) dan memperbaiki tektur kulit. Gunakan hand cream secara rutin agar kulit menjadi lembap. Hand cream ngga cuma digunakan sesaat setelah mencuci tangan, saja. Kamu juga bisa menggunakannya ketika kulit terasa kering.

Gunakan sabun yang melembapkan

 

Menggunakan sabun ketika mencuci tangan merupakan hal yang tepat. Jika sabun yang kamu gunakan saat ini membuat kulit kering, kamu bisa beralih ke sabun yang bisa membersihkan sekaligus memberikan kelembapan pada kulit. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir keringnya kulit, saat kamu diharuskan mencuci tangan sesering mungkin.

Pilihlah hand sanitizer

Jika kamu merasa setelah mencuci tangan akan mengakibatkan kulit kering, maka untuk sementara kamu bisa menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung moisturizer atau pelembap agar kulit tanganmu membaik.

Mencuci tangan dengan sabun harus tetap diutamakan pada saat virus COVID-19 sedang mewabah seperti saat ini. Penggunaan hand sanitizer sebaiknya dilakukan ketika kulit kering atau air dan sabun memang tidak tersedia sama sekali. Mencuci tangan harus tetap dilakukan pada saat sebelum makan, setelah keluar dari toilet, atau tangan dalam kondisi kotor.

Penuhi kebutuhan air harian

Manfaat minum air putih tentu sudah ngga diragukan lagi. Berbagai manfaat dari minum air putih bisa kamu rasakan, termasuk salah satu diantaranya yaitu bagi kesehatan kulit. Cukupi kebutuhan cairan harian kamu dengan minum minimal 8 gelas sehari. Mengonsumsi air putih, akan membantu menjaga kelembapan kulit, kamu loh, sehinga kulit kering ngg akan menghampiri kamu.

Jika perlu, gunakan sarung tangan

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat menghadapi kulit kering yaitu menggunakan sarung tangan. Jika diperlukan, penggunaan sarung tangan bisa dilakukan setelah mengaplikasikan krim pelembap atau hand cream dan biarkan selama 2 sampai 3 jam hingga tangan terasa lembap.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Teman Sehat lakukan, ketika tangan terasa kering setalah mencucinya. Ingat ya, jangan jadikan hal ini alasan supaya kamu ngga mencuci tangan. Dalam keadaan wabah virus COVID-19, lebih baik melakukan pencegahan dari pada penyembuhan. Oh iya, jika tidak ada perubahan setelah melakukan tips di atas, kamu bisa menghubungi dokter kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selamat mencoba, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *