Ini Loh 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Potong Kuku!

potong-kuku

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang rajin potong kuku?

Bagian tubuh yang satu ini memang terlihat kecil, tapi bisa jadi salah satu yang mendukung penampilan kamu loh. Biasanya, kita memotong kuku seminggu sekali. Jika lebih dari itu, apalagi sampai berminggu-minggu ngga potong kuku, kuku akan semakin panjang dan dapat membuat kita ngga nyaman, iya kan?

Kebisaan memotong kuku secara teratur ternyata punya banyak manfaat loh! Yuk, kita simak apa aja sih manfaat potong kuku?

1. Potong kuku secara rutin bisa cegah kuku yang tumbuh ke dalam!

potong kuku

Kalau kamu males potong kuku dan membiarkannya terus tumbuh panjang sampai berminggu-minggu, kukumu bisa tumbuh ke dalam loh. Rasanya? Sakit luar biasa. Apalagi jika semakin lama dan menembus kulit, bukan cuma sakit yang kamu rasa, tapi juga bisa menimbulkan infeksi dan pembengkakan. Duh, serem ya!

2. Dengan rajin potong kuku, kamu bisa mengurangi kemungkinan infeksi bakteri

kuku-kotor

Kuku yang panjang lebih lebih berpotensi sebagai sarang bakteri. Kamu harus memperhatikan hal yang satu ini. Kamu bisa jadi tak menyadari apa saja yang bersentuhan dengan tangan setiap hari. Begitupun dengan kaki. Saat kamu beraktivitas menggunakan sepatu seharian, kukumu akan menjadi lembab dan memungkinkan munculnya bakteri di sana. Untuk itu, penting bagi kamu untuk selalu memotong kuku secara teratur.

3. Kuku yang semakin panjang juga akan membuatnya semakin sulit dibersihkan

kuku-panjang

Semakin panjang kuku, kemungkinan kuku menjadi kotor menjadi lebih besar. Dengan membiarkannya terus panjang, kamu telah memberikan kesempatan kotoran dna kuman untuk bersarang di sana. Selain itu, kuku yang panjang juga berpotensi berubah warna menjadi lebih kekuningan. Dengan teratur memotong kuku, bukan hanya kebersihan kuku yang terjaga, tapi keindahan kuku juga.

4. Kuku yang pendek bisa meminimalisir cedera saat beraktivitas

kuku_panjang2

Salah satu keuntungan memotong kuku secara tertatur adalah menghindari terjadinya cedera. Seseorang yang memiliki kuku panjang lebih memungkinkan mengalami cedera, seperti kuku yang terbentur benda keras atau bagain tubuh yang secara tidak sengaja tercakar oleh kuku yang panjang.

Itulah 4 manfaat yang bisa kamu dapat jika memotong kuku secara rutin. Setelah tau manfaatnya, semoga kamu semakin perhatian sama kuku-kuku kamu ya! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *