Berikut Manfaat Kopi untuk Kulit Cantikmu!

Halo Teman Sehat! Perawatan kulit apa yang jadi favorit kamu? Kulit wajah yang bersih, mulus, cantik dan sehat adalah idaman setiap perempuan. Nah, salah satu upaya merawat kulit yang lumrah dilakukan ialah menggunakan masker. Kira-kira masker apa ya yang bisa memberikan semua manfaat tersebut? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Kamu harus tahu bahwa masker merupakan perawatan dept cleansing loh, yaitu perawatan yang bisa bekerja secara mendalam hingga mengangkat sel-sel kulit mati. Masker juga bisa mengurangi kelebihan produksi minyak dan membersihkan kulit wajah hingga ke pori-pori. Salah satu bahan masker terbaik yang banyak manfaatnya yaitu kopi. Apa aja sih manfaatnya?

Bekerja sebagai antioksidan

Kopi dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi mencapai 8-10%. Kandungan polifenol dalam kulit biji kopi bekerja sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan kulit wajah. Antioksidan yang terkandung dalam kulit biji kopi merupakan senyawa yang memiliki kemampuan melindungi sel dari bahaya radikal bebas.

Mencerahkan wajah

Kandungan asam khlorogenat dalam kopi memiliki peran penting dalam mengatur perbaikan jaringan kulit. Efek dari senyawa ini bisa membuat wajah tampak lebih cerah dan sehat karena elastisitas dan kelembapannya terjaga. Kamu bisa menggunakan masker wajah kopi dicampur dengan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil optimal.

shallow focus photography of men's muddy face

Mengangkat sel kulit mati & melembabkan kulit

Ampas kopi mengandung butiran scrub alami. Nah, butiran scrub pada ampas kopi bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dipermukaan kulit wajah sehingga membuat kulit wajah terlihat lembab, bersih dan halus. Ampas kopi sendiri mengandung kafein 1-1,5% yang bertindak selaku Vasorestrictor yang berarti dapat mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Kamu bisa membuat masker dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan putih telur/madu/minyak zaitun.

Melindungi kulit dari sinar UV

Bubuk kopi yang di dalamnya mempunyai kandungan zat pelifenol dipercaya bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV-B. Bubuk kopi membantu melindungi kulit dari pembentukan kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari. Tapi, tetap harus menggunakan sunscreen atau tabir surya ya kalau sedang berada di luar ruangan!

Menghilangkan mata panda

Biasanya bahan krim mata mengandung kafein dari kopi yang berfungsi mencerahkan lingkaran hitam di bawah kantong mata. Saat kopi dijadikan masker wajah, kandungan kafein yang bersifat anti-inflamasi bisa merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan aliran darah yang dapat mengurangi penumpukan cairan di bawah mata.

Namun demikian, setiap orang umumnya mempunyai jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Jika jenis kulit kamu sensitif, jangan mencoba perawatan kulit sembarangan ya dikarenakan bisa merusak kulit. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dulu ke dokter kulit untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan kulit kamu.

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat kopi untuk kesehatan kulit. Yang terpenting, tetap terapkan gizi seimbang, rajin berolahraga, dan kelola dengan stress dengan baik agar tubuh kita cantik luar dan dalam. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *