Dampak Stres Pada Kesehatan Kulit Wajah

dampak stres pada kulit wajah

Sahabat Sehat, stres ternyata bisa membawa dampak negatif pada bagian tubuh loh, mulai dari rambut, kuku, sampai kulit. Kira-kira seperti apa dampaknya dan bagaimana cara mengatasinya ya?

Munculnya Jerawat

Sahabat Sehat, kamu mungkin pernah menyadari kalau mulai banyak muncul jerawat di wajah ketika kamu sedang stres. Yap, ini karena stres bisa membuat tubuh mengeluarkan hormon bernama cortisol yang bisa memicu kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Produksi minyak yang berlebih akan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Kesehatan Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan teratas dari kulit yang bertugas menyimpan kelembapan dan melindungi kulit dari berbagai mikroba berbahaya. Stres bisa membuat lapisan ini lebih sensitif dan juga memperlambat proses perbaikannya. Lapisan skin barrier yang rusak bisa menyebabkan berbagai dampak serius, seperti kulit kering dan iritasi hingga munculnya luka dan berbagai penyakit kulit.

Penuaan Dini

Stres yang disebabkan oleh kurang tidur bisa meningkatkan tanda penuaan dini, seperti munculnya garis halus, elastisitas kulit berkurang, dan warna kulit yang ngga merata. Elastisitas kulit yang berkurang ini juga bisa menyebabkan munculnya “kantong” di bawah mata.

Ruam

Stres bisa melemahkan sistem imunitas tubuh, dan ini bisa mengarah pada ketidakseimbangan bakteri pada kulit. Ketika ini terjadi, ruam kemerahan bisa muncul pada kulit. Pada tingkat yang lebih parah, bisa juga terjadi berbagai jenis penyakit kulit seperti psoriasis, eczema, dermatitis, dan sebagainya.

Munculnya Kerutan

Stres bisa menyebabkan perubahan pada kadar protein dan mengurangi elastisitas kulit. Ini bisa mengarah pada munculnya kerutan halus di beberapa bagian tertentu. Stres juga bisa membuat kamu jadi lebih sering memasang ekspresi wajah yang memicu kerutan, seperti mengerutkan alis.

Wajah Memerah

Sahabat Sehat tahu ngga kalau stres bisa membuat wajah jadi memerah? Pada beberapa orang, stres bisa menyebabkan perubahan pada cara bernapas. Hal ini bisa berdampak pada wajah yang jadi lebih sering memerah.

dampak stres pada kulit wajah
Foto: Unsplash.com

Tips Mengurangi Dampak Stres Pada Kulit Wajah

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres yang bisa mengancam kesehatan kulit wajah. Cobalah untuk berolahraga secara rutin. Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu suka setiap harinya, walaupun hanya 10 menit sekalipun.

Berlatih teknik manajemen stres, misalnya dengan melakukan latihan napas, yoga, atau meditasi. Tidur yang cukup juga ngga kalah penting loh, usahakan tidur minimal 7-8 jam setiap hari. Jaga juga pola makan, serta hindari mengonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol. Apabila merasa beban pikiranmu sudah terlalu berat, kamu ngga perlu ragu untuk mencari bantuan teman atau terapis profesional.

Sahabat Sehat, semua orang pasti pernah merasakan stress karena stress adalah bagian dari hidup yang tidak bisa dihindari. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba mengatasinya supaya tidak sampai membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Ayo mulai hidup sehat dengan stress yang terkendali mulai sekarang!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

WebMD. 2021. Effects of Stress on Your Skin. https://www.webmd.com/beauty/the-effects-of-stress-on-your-skin#:~:text=For%20example%2C%20stress%20can%20aggravate,which%20can%20aggravate%20skin%20issues. Diakses pada 28 Maret 2022

Harvard Health Publishing. 2021. Stress may be getting to your skin, but it’s not a one-way street. https://www.health.harvard.edu/blog/stress-may-be-getting-to-your-skin-but-its-not-a-one-way-street-2021041422334. Diakses pada 28 Maret 2022

Healthline. 2020. What Are the Effects of Stress on Your Face?https://www.healthline.com/health/stress-on-face. Diakses pada 28 Maret 2022

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.