Masih Percaya MSG Bikin Bodoh? Cek Faktanya di Sini!

“Kebanyakan makan micin sih!”

Seringkah kamu mendengar umpatan itu kalau abis melakukan suatu kesalahan atau kebodohan? Atau mungkin kamu juga sering menggunakannya buat menyindir orang lain?

Memang banyak banget isu tentang MSG yang berkembang di masyarakat. Salah satu isu yang paling booming adalah MSG bikin bodoh, picu kemandulan, obesitas, sampai dengan berbagai macamkanker. Isu-isu itu bikin banyak orang takut buat menggunakan MSG. Hmm, tapi benarkah isu-isu itu?

Secara logika, kalau isu benar, pasti Badan POM dan Kementerian Kesehatan udah menghentikan peredaran MSG. Biar kamu nggak kemakan isu yang sumbernya ngga jelas, mendingan kita kenalan dulu sama MSG.

Apa sih sebenarnya MSG itu?

Sebenarnya MSG atau Monosodium Glutamate merupakan kristal putih yang terdiri dari sodium/natrium (komponen pembentuk garam), glutamate (komponen dari protein) dan air yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh.

Natrium diperlukan tubuh buat transportasi di dalam tubuh. Glutamate sendiri merupakan pembentuk protein dan juga membantu pengiriman signal listrik dalam otak. Glutamate memberikan tambahan rasa sedap, makanya sering disebut sebagai penyedap rasa.

Nah, dari komponen pembentuknya jelas terlihat bahwa MSG ngga mengandung bahan yang berbahaya buat tubuh. Bahkan beberapa bahan makanan juga mengandung MSG secara alami seperti tomat, jamur, keju, daging dan kecap. Makanya ngga heran kalau masakan yang dicampur dengan bahan-bahan tersebut tentu terasa lebih enak.

Benarkah MSG bikin bodoh?

 

Pernah beredar isu dengan bukti penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi MSG menyebabkan otak menjadi rusak. Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Onley tahun 1969 lalu. Onley memberikan bayi tikus berupa suntikan glutamate dengan dosis (0.5 – 4 g/berat badan) yang menyebabkan kerusakan otak.

Jika dosis ini disetarakan dengan yang dikonsumsi manusia dengan berat 50 kg maka konsumsinya sekitar 25-200 gram/hari. Sehingga jelas ngga mungkin kita mengonsumsi MSG sebanyak itu dalam sehari. Nah, makanya hasil penelitian itu ngga bisa dijadikan acuan.

Tapi kenapa ada orang yang pusing setelah mengonsumsi MSG?

Memang ada beberapa orang yang alergi dengan glutamate, sama halnya dengan orang yang alergi pada telur, susu, atau seafood. Jadi kalau kamu merasa pusing setelah mengomsumsi MSG jangan salahkan MSG-nya dong, bahkan sampai bilang berbahaya.

Jangan lagi kambinghitamkan MSG, MSG hanya penyedap makanan biasa yang aman dikonsumsi

Seperti seperti makanan lain, kalau dikonsumsi berlebihan, maka ngga baik buat tubuh. Oh iya, ada catatan penting nih Teman Sehat:

MSG dan garam sama-sama mengandung natrium, yang bisa meningkatkan risiko hipertensi. Jadi, alangkah lebih baik kalau kamu memilih menggunakan MSG, jangan tambahkan garam lagi. Atau sebaliknya.

Teman Sehat, udah tau kan fakta tentang MSG? Jangan lagi bilang MSG bikin bodoh ya?

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *