Mitos atau Fakta: Musik Bisa Kurangi Stres?

musik bisa kurangi stres

Menurutmu, apakah musik bisa kurangi stres?

Stres adalah gangguan mental emosional yang paling sering terjadi di masyarakat.

Stres menyebabkan hilangnya minat atau kesenangan terhadap aktivitas yang dikerjakan. Tugas menumpuk, pekerjaan banyak, kurang tidur, ataupun masa-masa ujian dapat memicu terjadinya stres di kalangan pekerja maupun mahasiswa.

Ada beberapa cara untuk mengatasi stres, salah satunya adalah mendengarkan musik

Mendengarkan musik di waktu senggang sendirian atau rame-rame sama temen, bisa membantu membuat pikiran dan tubuh lebih rileks serta mengembalikan energi menjadi lebih bertenaga. Pasti kamu pernah merasakannya kan?

Musik sebagai bagian terapi kesehatan telah diteliti bermanfaat positif  dalam menurunkan tingkat stres atau depresi pada seseorang.

Penelitian yang dilakukan terhadap lansia di UPT Pelayanan Sosial Pasuruan tahun 2015 membuktikan bahwa musik dapat menurunkan tingkat depresi pada lansia. Musik yang digunakan adalah musik gamelan Jawa jenis laras sendro dan laras pelog. Pada saat diperdengarkan, sebagian lansia menunjukkan respon menangis karena ada perasaan gembira yang muncul mengingat peristiwa masa lampau. Hasil yang berbeda ditunjukkan saat lansia diperdengarkan musik pop. Terapi music pop kurang berpengaruh terhadap penurunan tingkat depresi pada lansia.

Musik merupakan cara yang mudah untuk mengalihkan perhatian

Ketika menghadapi masalah atau tekanan berat, musik membantu mengalihkan perhatian.

Musik menghasilkan ransangan ritmis yang ditangkap oleh telinga, kemudian diolah di dalam sistem saraf tubuh, serta kelenjar otak, kemudian diinterpretasikan ke dalam ritme internal pendengar. Ritme internal ini berpengaruh positif dalam sistem metabolisme tubuh manusia sehingga mampu membangun sistem kekebalan tubuh, menimbulkan perasaan rileks, mengurangi ketegangan otot dan membantu pernapasan menjadi lebih baik.

Jenis musik apa yang bisa mengurangi stres?

musik stress

Jenis musik yang dapat menjadi terapi kesehatan adalah musik tanpa lirik, nyanyian, atau apa saja yang dapat memicu timbulnya kenangan pada seseorang.

Jadi, Teman Sehat, yang sedang stres atau tertekan karena berbagai hal, tidak perlu pusing cari solusinya. Cara termudah, termurah, dan tercepat yang bisa dilakukan hanya tinggal mengambil handphone dan dengarkan musik kesukaanmu. Rasa rileks dapat kamu rasakan dan suasana hati juga dapat meningkat.

Musik jenis apa yang sering kamu dengarkan? Apakah kamu pernah mengalaminya sendiri? Yuk, tuliskan jawabanmu di kolom komentar! (agt&don)

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *