Mitos & Fakta Jerawat pada Wajah, Cek!

Halo Teman Sehat! Jerawat merupakan masalah yang dialami banyak orang semenjak memasuki usia pubertas. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga sering bikin ngga pede. Kulit yang berjerawat tampak kusam, ngga halus, serta banyak noda-noda hitam. Apakah Teman Sehat juga mengalami masalah kulit yang satu ini?

Masalah kesehatan wajah

Jerawat (Acne vulgaris) merupakan peradangan yang sifatnya kronis pada kelenjar kulit dan ditandai dengan adanya komedo yang muncul. Dalam studi Dermatologi Kosmetik Indonesia, jerawat merupakan penyakit kulit terbanyak yang dialami remaja usia 15-18 tahun. 

Mitos vs fakta jerawat yang ‘membandel’

Tahukah Teman Sehat bahwa faktanya:

  • Jerawat bisa muncul tergantung pada jenis kulit masing-masing. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang jenis kulitnya berminyak lebih rentan timbul jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon seksual saat puber sehingga memproduksi kelenjar minyak dalam jumlah yang banyak.
  • Jerawat bisa juga karena keturunan. Penelitian juga menunjukkan bahwa sebanyak lebih dari 60% penderita jerawat memiliki minimal satu orang tua berjerawat atau pernah berjerawat.
  • Munculnya jerawat juga tergantung pada kebersihan masing masing kulit wajah. Pada 80% kulit wajah yang ngga bersih, memiliki risiko yang lebih besar untuk jerawatan.
  • Khusus bagi perempuan, penggunaan kosmetik merupakan salah satu faktor risiko terbesar penyebab munculnya jerawat. Pembersihan kulit wajah yang ngga optimal setelah menggunakan make up akan merangsang peradangan kulit dan memunculkan jerawat.

Nah, mitosnya apa sih? Teman Sehat pasti sering mendengar kalau makan kacang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukan hubungan antara jerawat dengan konsumsi kacang. So, bagi kamu penggemar kacang ngga usah takut ya, karena kacang juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Tips mengatasi jerawat

Munculnya jerawat merupakan salah satu tanda bahwa kamu sudah mengalami perkembangan fungsi tubuh. Teman Sehat ngga perlu panik apalagi stres karena jerawat bisa dikontrol dan diatasi. Sederhananya, coba lakukan hal-hal berikut:

  1. Membersihkan kulit secara teratur dan setiap hari
  2. Rutin minum air putih
  3. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit
  4. Hindari stres
  5. Lakukan aktivitas fisik
  6. Perbanyak makan sayur dan buah

Nah, jika jerawat udah makin mengganggu baik secara tampilan fisik dan mental, ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya. Teman Sehat tahu mitos dan fakta lainnya tentang jerawat? Share yuk di kolom komentar berikut!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *