Bukan Cuma Minuman, Kopi Bagus untuk Perawatan Wajah

Kopi adalah minuman yang banyak digemari. Apakah kamu salah satu coffee lovers? Umumnya, kopi diminum saat pagi hari untuk menjaga stamina tubuh, di sore hari saat santai, atau di malam hari untuk membuat mata tetap terjaga. Selain diminum, kopi juga direkomendasikan untuk perawatan wajah. Bubuk kopi dipercaya untuk eksfoliasi wajah secara alami. Kopi juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

perawatan wajah dengan bubuk kopi
Foto: Pexels.com

Khasiat Kopi untuk Perawatan Wajah

Banyak senyawa antioksidan yang terkandung dalam kopi, sehingga berpengaruh positif pada kesehatan tubuh. Saat digunakan sebagai masker wajah, kopi mampu merawat kulit wajah dan mencerahkannya. Antioksidan berperan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel kulit, termasuk kulit wajah.

Kopi mampu menyamarkan kondisi selulit pada kulit dan lingkaran gelap di bawah mata alias mata panda. Hal ini karena kafein di dalam kopi bersifat antiradang yang kuat, sehingga ampuh mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Selulit merupakan ceruk pada kulit karena jaringan lemak menekan jaringan kulit yang lebih dekat dengan permukaan. Saat selulit muncul, lekukan yang tampak di kulit hampir tidak dapat dihilangkan sampai tuntas. Akan tetapi, kafein tersebut mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi lekukan pada kulit. Kulit juga lebih kencang karena aliran darah meningkat dan tidak ada cairan menumpuk di jaringan kulit.

Khasiatnya yang mampu menghilangkan sel kulit mati merupakan sisi menarik dari kopi. Butiran kopi dapat mendorong terkelupasnya sel kulit mati, sehingga sel kulit yang baru dan sehat bisa muncul ke permukaan. Pada akhirnya, kulit pun terlihat lebih cerah, lembut, dan sehat. Wajahmu jadi cerah berseri.

Cara Membuat Masker Wajah dari Kopi

Eksfoliasi diperlukan untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk pada kulit wajah. Kopi adalah salah satu bahan yang aman untuk eksfoliasi wajah. Sahabat Sehat dapat membuat masker dari kopi dengan cara mencampurkan ¼ sdt ampas kopi dan 1 sdm yoghurt (disarankan plain). Setelah itu, oleskan ke wajah dan leher.

masker wajah kopi
Foto: Pexels.com

Pijat lembut seluruh bagian dengan gerakan melingkar dan lembut hingga merata, namun hindari area mata. Biarkan sampai mengering sekitar lima menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat. Selain menggunakan yoghurt, kamu bisa mencampurkan ampas kopi dengan 1 sdm susu cair.

Tips Aman Menggunakan Kopi untuk Perawatan Wajah

Sama halnya dengan minum kopi, ada beberapa tips aman yang perlu diketahui jika ingin menggunakan kopi untuk perawatan wajah. Sebaiknya, perawatan wajah menggunakan kopi dilakukan saat wajah tidak berjerawat atau bermasalah. Hal ini karena bubuk kopi berpotensi mengiritasi jerawat, terutama yang mengalami peradangan.

Jika digunakan untuk eksfoliasi, cukup lakukan maksimal dua kali dalam seminggu. Sampai saat ini, kopi aman untuk eksfoliasi jika tidak berlebihan dan mengikuti saran. Efek samping penggunaan kopi sebagai eksfoliator juga jarang ditemukan.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencoba perawatan wajah menggunakan kopi? Semua aman dilakukan, asalkan menerapkan tips di atas. Jika Sahabat Sehat mempunyai kulit sensitif, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Referensi

Ardianti, Firisa. 2023. Manfaat dan Cara Eksfoliasi Wajah dengan Kopi. https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/eksfoliasi-wajah-menggunakan-kopi-benarkah-efektif. Diakses pada 3 Desember 2023.

Aqiyu. 2022. Cara Mudah Memutihkan Kulit dengan Kopi. https://new.yesdok.com/id/article/cara-mudah-memutihkan-kulit-dengan-kopi. Diakses pada 3 Desember 2023.

Grehenson, Gusti. 2021. Kopi Mengandung Antioksidan dan Potensial Cegah Paparan Covid-19. https://ugm.ac.id/id/berita/21699-kopi-mengandung-antioksidan-dan-potensial-cegah-paparan-covid-19/#:~:text=Namun%2C%20yang%20lebih%20menarik%20dari,pengaruh%20positif%20terhadap%20kesehatan%20tubuh. Diakses pada 3 Desember 2023.

Quamila, Ajeng. 2022. Cara Membuat Scrub Kopi untuk Kulit Cerah Berkilau. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/scrub-kopi/. Diakses pada 3 Desember 2023.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.